Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Nellco Special OBH di PT. Lenko Surya Perkasa Cabang Ciracas

Authors

  • Kris Dipayanti UNPAM
  • Heri Hernayadi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i2.15614

Keywords:

Promosi, Saluran Distribusi, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan saluran distribusi terhadap loyalitas pelanggan produk nellco special obh di wilayah PT. Lenko Surya Perkasa cabang Ciracas. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan sampel sebanyak 78 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah promosi dan distribusi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan persamaan regresi Y = Y = 16,771 + 0,196 X1 +0,307 X2, nilai koefisien korelasi sebesar 0,414 artinya kedua variabel memiliki hubungan yang sedang dengan koefisien determinasi sebesar 17,1% sedangkan sisanya 82,9% dipengaruhi faktor lain,uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel (3,326 > 1,992). Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung> F tabel atau (7,757 > 2,72) dengan demikian Ho ditolak dan H3 diterima.

References

Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen (Fungsi-Proses-Pengendalian). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Buchori, A. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Dipayanti, K. (2017). Analisis Pengaruh Produk, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D-Link Pada PT. Berca Computel. Jurnal Inovasi, 3 (1), 60-77.

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta: Buku Seru.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas jilid 2. Jakarta: Erlangga

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Sangaji, E. M., & Sopiah. (2018). Perilaku Konsumen (Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi

Silalahi, U. (2011). Azas-zas Manajemen. Bandung: Refika Aditama

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Suparyanto, & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran edisi 4. Yogyakarta: Andi

Wijayanti, I. D. S. (2012). Manajemen. Yogyakarta: Nuha Medika.

Downloads

Published

2022-02-01