Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Nellco Special OBH di PT. Lenko Surya Perkasa Cabang Ciracas
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i2.15614Keywords:
Promosi, Saluran Distribusi, Loyalitas PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan saluran distribusi terhadap loyalitas pelanggan produk nellco special obh di wilayah PT. Lenko Surya Perkasa cabang Ciracas. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan sampel sebanyak 78 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah promosi dan distribusi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan persamaan regresi Y = Y = 16,771 + 0,196 X1 +0,307 X2, nilai koefisien korelasi sebesar 0,414 artinya kedua variabel memiliki hubungan yang sedang dengan koefisien determinasi sebesar 17,1% sedangkan sisanya 82,9% dipengaruhi faktor lain,uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel (3,326 > 1,992). Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung> F tabel atau (7,757 > 2,72) dengan demikian Ho ditolak dan H3 diterima.
References
Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen (Fungsi-Proses-Pengendalian). Jakarta: Mitra Wacana Media.
Buchori, A. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Dipayanti, K. (2017). Analisis Pengaruh Produk, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D-Link Pada PT. Berca Computel. Jurnal Inovasi, 3 (1), 60-77.
Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta: Buku Seru.
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. dan Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, P. dan Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas jilid 2. Jakarta: Erlangga
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Sangaji, E. M., & Sopiah. (2018). Perilaku Konsumen (Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi
Silalahi, U. (2011). Azas-zas Manajemen. Bandung: Refika Aditama
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Suparyanto, & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran edisi 4. Yogyakarta: Andi
Wijayanti, I. D. S. (2012). Manajemen. Yogyakarta: Nuha Medika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.