Strategi Promosi Melalui “Media Sosial Instagram†Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i3.20358Keywords:
Instagram, Media Sosial, Promosi, StrategiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi promosi yang dilakukan Attamahera MUA dengan memanfaatkan media sosial instagram dalam meningkatkan volume penjualan serta untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi Attamehera MUA dalam menjalankan strategi promosi. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik (owner), tim/karyawan, dan klien Attamahera MUA. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Snowball Sampling dengan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dengan menjalankan strategi promosi menggunakan instagram, yaitu dengan cara mengoptimalkan fitur bio pada akun instagram, menggunakan review atau testimoni dari klien, mengatur jadwal posting, memposting konten interaktif, serta mengoptimalkan fitur-fitur instagram, mampu meningkatnya volume penjualan jasa oleh Attamahera MUA.
Kata Kunci: Instagram; Media Sosial; Promosi; Strategi
References
Ashari, M. D., Umami, Z., & Mardiana, L. (2020). Promotion Strategy Analysis Of Make Up Artist@ Maudy. Makeup Using Instagram Social Media. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 84-90.
Asmaradewi, Y. (2019). Peran Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pada Cafe Mas Bro. Universitas Semarang, Semarang.
Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96.
Bandung: Alfabeta, CV.
Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran JIlid I Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Lestari, A., & Erianjoni, E. (2020). Dinamika Aktivitas Make Up Artist (MUA) Laki-Laki di Kota Padang, 3(1), 53–61.
Nasrullah, Rulli. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosisoteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Saifuddin, Zuhri. (2017). Penggunaan Media Sosial dalam Membangun Komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA) Even Organizer di Surabaya. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 7 (2). pp. 170-178 ISSN 2303-0089
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi ke-4. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Yusuf Saleh, Muhammad dan Miah Said. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies. Makassar: Sah Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.