Pemanfaatan Visible Light Sebagai Animasi Holografi Pada Billboard Iklan Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk

Authors

  • Nafiista Barkania Ayu Benani Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i3.20519

Keywords:

Iklan, Pemasaran, Daya Beli Konsumen, Animasi, Holografi.

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, teknologi berkembang pesat digunakan dalam kegiatan apapun untuk memberikan daya tarik tersendiri. Pemanfaatan teknologi di era globalisasi digunakan disemua bidang misalnya pendidikan, perdagangan, komunikasi, dan transportasi. Penggunaan teknologi holografi dari visible light merupakan pengembangan teknologi di era globalisasi digunakan didunia perdagangan sebagai pemasaran produk atau iklan. Mengomunikasikan suatu merk dengan daya tarik tersendiri akan mempersuasive konsumen untuk membeli produk.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pemanfaatan Visible Light Sebagai Animasi Holografi Pada Billboard Iklan Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain penelitian metode Literature Review. Hasil diperoleh dengan adanya penggunaan teknologi holografi menggunakan visible light pada billboard iklan dapat meningkatkan daya beli konsumen untuk membeli produk. Hal ini karena kepuasan konsumen pada tampilan billboard holografi jelas, terlihat seperti nyata karena dapat dilihat disemua sisi, menarik. Sehingga akan menjadikan konsumen puas ketika produk yang diterima sama dengan tampilan produk di iklan.

References

Adiono, T., Pradana, A., & Fuada, S. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM KOMUNIKASI CAHAYA TAMPAK DENGAN MODULASI 2-PWM BERBASIS MIKROKONTROLLER. Sisfo, 08(01). https://doi.org/10.24089/J.SISFO.2018.09.001

Aska, F. B., Darlis, D., dan H. (2015). Implementasi Visible Light Communication Untuk Pengiriman Data Digital | Aska | eProceedings of Applied Science. Prosiding Aplikasi Sains. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/4494

Avătămăniței, S. A., Căilean, A. M., Done, A., Dimian, M., & Prelipceanu, M. (2020). Noise Resilient Outdoor Traffic Light Visible Light Communications System Based on Logarithmic Transimpedance Circuit: Experimental Demonstration of a 50 m Reliable Link in Direct Sun Exposure. Sensors 2020, Vol. 20, Page 909, 20(3), 909. https://doi.org/10.3390/S20030909

Efendi, N. M. (2018). DIGITAL PADA START UP SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN SISWA BELAJAR AKTIF). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi Dan Antropologi, 2(2), 173–182.

Fakirah, M., Leng, S., Chen, X., & Zhou, J. (2020). Visible light communication-based traffic control of autonomous vehicles at multi-lane roundabouts. EURASIP Journal on Wireless Communications and Networking, 2020, 125. https://doi.org/10.1186/s13638-020-01737-x

Farahdiba, D. (2020). Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 22-38. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/makna/article/view/7992

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43. https://doi.org/10.46367/IQTISHADUNA.V9I1.209

Herosian, M. Y. dan S. A. (2019). View of PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING DAN KEMUDAHAN AKSES LAYANAN APLIKASI BELANJA ONLINE DALAM PENINGKATAN DAYA BELI MASYARAKAT KOTA MEDAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI MARKETING 4.0. Jurnal Akrab Juara, , 4(5), 45–62. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/868/769

Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Lilipaly, E. R. M. A. P., & Dharmawan, E. A. (2021). PENGGUNAAN FAN TYPE HOLOGRAM DENGAN SOLAR CELL SEBAGAI PILIHAN ALTERNATIF BILLBOARD DI KOTA AMBON. JURNAL SIMETRIK, 11(1), 422–431. https://doi.org/10.31959/JS.V11I1.621

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Manurung, N., Ihsan, M., & Efendi, B. (2019). PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN RAMBU LAMPU LALULINTAS PADA POLSEK PORSEA. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(2), 169–174. https://doi.org/10.33330/JURDIMAS.V2I2.374

Nainggolan, E. M. S. dan O. F. (2019). PENGARUH MEREK DAN IKLAN TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN DI PT INDAKO TRADING COY KRAKATAU MEDAN (Studi kasus pada konsumen. Jurnal Mutiara Manajemen, 4(2), 367–378. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/download/1064/915

Nawara, S., Fikri, A., Rikardo, D., & Kunci, K. (2021). Strategi Bisnis dalam Menghadapi Daya Beli Masyarakat yang Rendah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3526–3530. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V5I2.1433

Nawir, F., & Hamdat, A. (2021). Penerapan augmented reality sebagai media digital marketing di masa pandemi Covid 19 pada pengusaha penginapan di Malino. TEKMULOGI Jurnal Pengabdan. Masyarakat, 1(1), 41–46. https://www.researchgate.net/profile/Fadliyani-Nawir/publication/354463431_Penerapan_Augmented_Reality_Sebagai_Media_Digital_Marketing_Di_Masa_Pandemi_Covid_19_Pada_Pengusaha_Penginapan_Di_Malino/links/6139d5b4eb7d6b0b53294fed/Penerapan-Augmented-Reality-

Rochim, F., & Safinatunajah, S. (2020). Penyelesaian Perkara Penipuan dan Perlindungan Konsumen Berdasarkan Hukum Perlindungan Konsumen dan Hukum Islam. Islamic Law: Jurnal Siyasah, 5(2 SE-Articles). http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/law/article/view/99

Safwan ., dan Ahmadi, T. (2020). RANCANG BANGUN VIDEO CONFERENCE HOLOGRAM BERBASIS ANDROID. Jurnal J-Innovation, 9(1), 16–19. https://jurnal.politeknikaceh.ac.id/index.php/jinnovation/article/download/86/67

Santoso, Y., & Mozef, E. (2020). Implementasi Komunikasi Cahaya Tampak Melalui Lampu LED pada Sistem Komunikasi Suara Menggunakan Modulasi Frekuensi. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 11(1), 649–655. https://doi.org/10.35313/IRWNS.V11I1.2090

Shaaban, K., Shamim, M. H. M., dan Rouf, K. A. (2021). Visible light communication for intelligent transportation systems: A review of the latest technologies. Journal of Traffic and Transportation Engineering. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Shaaban%2C+K.%2C+Shamim%2C+M.+H.+M.%2C+dan+Rouf%2C+K.+A.+2021.+Visible+light+communication+for+intelligent+transportation+systems%3A+A+review+of+the+latest+technologies.+Journal+of+traffic+and+tran

Sihotang, R. P., dan Dewi, L. D. R. (2021). STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS GREATEDU DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI ERA DIGITAL | PANTAREI. PANTAREI. https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/710

Siregar, P. A., Harahap, R. A., dan Aidha, Z. (2020). Promosi Kesehatan Lanjutan Dalam Teori dan Aplikasi - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/Promosi_Kesehatan_Lanjutan_Dalam_Teori_d/wPoCEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=billboard+iklan+%5C&pg=PA50&printsec=frontcover]

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sugiyanti, U. (2019). Mengaplikasikan teknologi holografi dan artificial intelligence (ai) di Perpustakaan digital. Media Informasi, 28(2), 216–227. https://doi.org/10.22146/MI.V28I2.4139

Sulistiyani, S., Pratama, A., & Setiyanto, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 31–39. https://doi.org/10.32493/JPKPK.V3I2.4029

Yunus, R. N. (2020). ANALISIS MULTIMODAL PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT | JUMANT. JUMANT, 12(2), 83–89. https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/1071

Zulkarnaen, W., & Amin, N. (2018). PENGARUH STRATEGI PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1 SE-Articles). https://doi.org/10.31955/mea.vol2.iss1.pp106-128

Downloads

Published

2022-06-01