Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV. Jaya Motor Bekasi

Authors

  • Arif Rahman Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3622

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan pengguna jasa (customer) berupa tingkat kepuasan pada pelayanan jasa service sepeda motor di CV Jaya Motor. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisa statistik regresi korelasi dengan menggunakan sampel responden pemilik sepeda motor yang selalu melakukan jasa service di CV Jaya Motor. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel pelayanan dan kepuasan customer sebesar 0,766. Hasil pengujian determinan juga memperlihatkan bahwa 58,7% kepuasan customer CV Jaya Motor di pengaruhi oleh pelayanan yang diberikan, sedangkan 41,3% dipengaruhi oleh faktor lain, sedangkan persamaan regresi yang dibentuk yaitu Y= 8,630 + 0,868(X).

References

Daryanto, dan Ismanto Setyobudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Fandy, Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Andi: Yogyakarta

Kotler, Keller, 2012, Marketing Management: 14 Edition, New Jersey: Prentice Hall, Pearson Hall, Pearson Education, Inc.

Lestari, Sri dan Slamet Heri Winarno.2018. Determinasi Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Jasa Pendidikan Pada Kinderfield School Cabang Bekasi Jawa Barat. Jurnal Akuntansi dan Manajemen. Vol 14 No. 2

Oktiani, Nurvi dan Iis Apriyanti. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Upaya Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Penguna Jasa PT Tiki JNE Cabang Depok. Widya Cipta 8.2.

Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22 Mengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Rangkuti, Freddy. 2017. Customer Care Excellence. Jakarta: PT Gramedia.

Sangadji, Etta Mamang, dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Santoso, Singgih. 2013. Menguasai SPSS 21 Di Era Informasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Tjiptono, Fandy dan Chandra Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Winarno, Slamet Heri, Bryan Givan dan Yudhistira. 2018. Determinan Loyalitas Pelanggan Operator Telepon Selular. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manjemen. Vol. 8 No. 2

Windasuri, Heria, Hyacintha Susanti dan BusinessGrowth Team. 2017. ExcellentService. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2019-10-01