The Correlation of Price and Service Quality on Go-Jek Consumers Satisfaction In Pamulang Tangerang Selatan

Authors

  • Erlita Kurniawaty Pamulang University
  • Subarto Subarto Universita Pamulang
  • Nur Subekhan Universita Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.5473

Keywords:

Customer Satisfaction, Price, Service Quality

Abstract

This research aims to determine value of serivce quality and price that affect customersatisfaction of go-jek services in Pamulang area of South Tangerang city from individual and generalperspective. The method used is descriptive quantitative with a sample of 100 people. Based on thetest results of hypothesis, for the variable of service quality (X1) with t arithmetic (3,555)> t table(1,988), it is obtained that the results are significant itself, that is service quality has an influence onconsumer satisfaction of go-jek services in Pamulang, South Tangerang. Similarly, for the variableprice (X2) with t arithmetic (3.182) > t table (1.988) obtained significant results on their own, namelythe price has an influence on consumer satisfaction of go-jek services in Pamulang, South Tangerang.The calculated F value (20,802) > F table (3.09) with a significance level of 0,000 < 0.05, this showsboth variables quality of service and price have an influence on customer satisfaction in Pamulangarea, South Tangerang.

 

Author Biography

Erlita Kurniawaty, Pamulang University

Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi

References

Alma, Buchari, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta. Bandung. 2014

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta. Jakarta. 2006

Bob sabran, Marketing Management, Erlangga. Jakarta. 2012

Bungin, Burhan, Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi : Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen dan Pemasaran edisi Pertama, Kencana Prenada Media Group. Jakarta. 2013

Daryanto dan Ismanto setyobudi, Konsumen dan Pelayanan Prima, Gava Media. Malang. 2014

Ferdinand, Augustusy, Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.2006

Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. 2013

Grifin, Ricky W, dan Ronald J Elbert, Business, 8th Edition, Pearson International Edition. New Jersey, Prentice Hall. 2009

Hasibuan, Malayu, Manajemen : Dasar, Pengertian, dan Masalah, PT. Bumi Aksara. Jakarta. 2008

Istijanto, Aplikasi Praktis Riset Pemasaran, Gramedia Pustaka Utama. Jakarta 2009

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1&2, alih bahasa : Bob Sabran, Erlangga. Jakarta. 2011

Lupiyoadi, Rambat, Manajemen Pemasaran jasa, Edisi 3. Salemba empat. Jakarta 2014

Sangadji, E.M., dan Sopiah, Prilaku konsumen, pendekatan praktis disertai himpunan jurnal penelitian. Penerbit Andi. Yogyakarta. 2013

Santoso, Singgih, Panduan Lengkap SPSS Versi 20, PT Media Elex Komputindo, Jakarta.2012

Santoso, Singgih, Statistik Non Parametrik, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, PT Elex Media Komputindo, Jakarta. 2010

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.2009

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Alfabeta. Bandung. 2014

Supranto, J, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikan Pangsa Pasar, cetakan keempat, PT. Rineka Cipta. Jakarta. 2011

Swastha, Basu, Manajemen Penjualan : Pelaksanaan Penjualan, BPFE. Yogyakarta. 2010

Terry,George dan Leslie W Rue, Dasar-dasar Manajemen, Cetakan Kesebelas, PT Bumi Aksara. Jakarta. 2009

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, Pemasaran Stategik, Andi. Yogyakarta.2012

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, service, quality, and satisfaction, Andi. Yogyakarta.2011

Tjiptono, Fandy, Manajemen Jasa, Edisi pertama, Andi. Yogyakarta. 2004

Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa, Bayumedia Publishing. Malang. 2005

Umar, Husein, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis, Rajawali. Jakarta.2013

Sumber Tesis dan Skripsi :

Aisyah Azzahra. 2017. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Jamu Tolak Angin Sido Muncul ( Studi kasus pada konsumen pengguna jamu di perumahan bukit dago). Skripsi. Fakulutas Ekonomi. Universitas Pamulang. Tangerang Selatan

Fajar Syahputra. 2016. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Djasa Ubersakti Jakarta. Skripsi. Fakulutas Ekonomi. Universitas Pamulang. Tangerang Selatan

Widi Kristiawan. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan (Kitchenerwok and grill). Tesis. Magister Manajemen. Universitas Pamulang : Tangerang Selatan.

Sumber Website :

https://www.go-jek.com(diakses 12 Oktober 2018)

http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/n!@file_skripsi/Isi4395163773687.pdf (diakses 14 Oktober 2018)

http://afrizalrkwaruwu.blogspot.co.id/2014/06/Makalah-Kebijakan-Harga.html?m=1 (diakses 27 Juli 2018)

www.Definisi-pengertian.com/2015/07/Definisi-Pengertian-Pelayanan.html?m=1(diakses 14 Juli 2018)

Etalasepustaka.blogspot.co.id/2016/08/Pengertian-Indikator-Kepuasan-Pelanggan-Menurut-Para-Ahli.html?m=1 (diakses 12 Juli 2018)

Gojekid.blogspot.com/2016/09/Profil-Perusahaan-Gojek.html?m=1(diakses 12 Okto-ber 2018)

https://administrasibisnis.studenjournal.ub.ac.id/ Jurnal Administrasi Bisnis vol.61 no.2, 2018. (diakses 14 Maret 2019)

http://jurnaljam.ub.ac.id/ Jurnal Aplikasi Manajemen Vol.11 No3, 2013.(diakses 14 Maret 2019)

https://ejournal.unsrat.ac.id/ Jurnal EMBA Vol.3 No.2, 2015. (diakses 14 Maret 2019)

https://ejournal.unsrat.ac.id/ Jurnal EMBA Vol.6 No.3, 2018. (diakses 14 Maret 2019)

https://ejournal.undiksha.ac.id/ International Journal of Social Science and Business, Vol.2 No.3,2018 (diakses 14 Maret 2019)

Downloads

Published

2020-06-16