Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i2.9647Keywords:
Kualitas pelayanan, Promosi, Loyalitas, Kepuasan.Abstract
Tujuan dari studi ini adalah untuk mencari tahu bagaimana pengaruh kualitas pelayanan, promosi terhadap kepuasan konsumen dan pengaruh kulitaspelayanan, promosi dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen. Sifat dari studi ini adalah asosiatif dengan jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen sebanyak 1.078 dan teknik sample yang digunakan adalah sampel accidental sampling sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan menggunkan analisis jalur. Dari hasil penelitian yang dilakukan sebagain besar respoden dalampenelitian ini adalah Perempuan dengan usi 21-26th dengan sumber pendapatan lainya. Dari tanggapan responden bahwa Kualitas Pelayanan , Promosi dan kepuasan serta Loyalitas yang ada di perusahaan sudah baikn walaupun masih tersapat keluhan konsumen tentang produk ini dan dari hasil analisis bahwa Kualitas Pelayanan , Promosi dan kepuasan memiliki pengaruh terhadap Loyalitas serta Kualitas Pelayanan dan Promosi memiliki pengaruh terhadap kepuaan, sehingga kepuasan dapat menjadi mediator dalam mempengaruhi Kualitas Pelayanan an terhadap Loyalitas dan kepuasan dapat menjadi mediator dalam mempengaruhi Promosi terhadap Loyalitas.
References
Arianto, N. (2016). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Distribusi Terhadap Loyalitas Konsumen . Seminar Ilmiah Nasional (pp. 77-98). Tangerang Selatan: Program Pascsarjana Universitas Pamulang.
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Kompetitif, 83-101.
Arianto, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart . Ekonomi Efektif, 153-160.
Arianto, N. (2019). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Berdampak Terhadap Loyalitas Pelanggan. Kreatif, 44-54.
Ghazali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Upadate PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Semarang.
Keller, P. K. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Ediisi Ke 12. Jakarta: PT Indeks.
Lesmana, R., & Hasbiyah, W. (2019). Model Analisis Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Lokal Studi Kasus pada Objek Wisata Kepulauan Seribu Jakarta. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 2(3).
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167.
Lesmana, R., Widodo, A. S., & Sunardi, N. (2020). The Formation of Customer Loyalty From Brand Awareness and Perceived Quality through Brand Equity of Xiaomi Smartphone Users in South Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 1-12.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.