Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Niat Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Air Terjun Way Lalaan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i2.9814Keywords:
Bauran Komunikasi, Pemasaran Terpadu, Niat BerkunjungAbstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor yang berpeluang dalam meningkatkan anggaran pendapatan daerah. Teluk Kiluan terletak di Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung yang merupakan salah satu objek wisata unggulan yang dimiliki Provinsi Lampung dan terkenal dengan keindahan pesona laut terutama daya tarik ikan lumba-lumbanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Bauran Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam menarik Niat Berkunjung wisatawan di Objek Wisata Air Terjun Way Lalaan, Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling, Populasi dalam penelitian adalah wisatawan yang belum pernah mengunjungi Air Terjun Way Lalaan dan wisatawan domestik dengan jumlah sampel 100 responden. Metode analisis statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda, pengujian signifikan simultan uji (F), pengujian signifikan parsial (uji t), dan analisis determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Periklanan (X1), Promosi Penjualan (X2), Penjualan Personal (X3), Pemasaran Langsung (X4), Hubungan Masyarakat (X5) dan e-WOM (X6) berpengaruh positif secara signifikan dengan sumbangan sebesar 82,4% terhadap Niat Berkunjung. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis kuantitatif membuktikan bahwa variabel dengan nilai beta terbesar adalah Periklanan (X1) yang memiliki nilai beta sebesar 0,440 sedangkan variabel Promosi Penjualan (X2) memberikan pengaruh terkecil dengan nilai beta sebesar 0,109
References
Abu bakar, A. M. & Ilkan, M. 2015. Impact of Online WOM on Destination Trust and Intention to Travel : A Medical Tourism Perspective. Journal of Destination Marketing and Management. Volume 5, Issue 3, Pages 192–201
Achmad Yusuf V. 2018. “Dampak Komunikasi e-WOM Pada Niat Berkunjung Taman Nasional Way Kambas†. Tesis : Program Pascasarjana Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Lampung
Agus Hermawan. 2013. Komunikasi Pemasaran. Penerbit Erlangga.
Ajzen, I. 2005. Attitudes, personality, and behavior. New York : Open University Press
American Marketing Asociation (AMA) yang dikutip oleh Philip Kotler dan Keller Kevin Lane yang diterjemahkan oleh Bob Sabran. 2009.
Bima N.H., Edriana P.2020. “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Niat Berkunjung Wisatawan Mancanegara ke OWDT (Survei pada Tourist Information Center Malioboro Kota Yogyakarta†Fakultas Ilmu Administrasi, Univeristas Brawijaya, Malang.
Buchari Alma, , 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Fang Chen-Ling & Lie Ting. 2006. Assessment of Internet Marketing and Competitive Strategies for Leisure Farming Industry in Taiwan. Journal of American Academy of Business. ISSN 15401200, Volume 8 Issue 2, p.296- 300. Cambridge
Fishbein, M. & Ajzen, I. 1975. Belief, Attitude,Intention and Behavior:An Introduction To Theory And Research. Addison- Wesley.
Ghozali, Imam. 2001. Analisis Multivariate SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Dipenegoro
Ghozali, Imam. 2006. Analisis Multivariate SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Dipenegoro
Kotler, P. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Pinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13.Jilid Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 14th Ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Kotler, Amstrong, Ang, Leong, Tan and Tse. 2011. “Principles of Marketing: An Asian Perspectiveâ€. Research Collection Lee Kong Chain School of Business.
Stephany Q.W.L., Silvya M., Sjendry L.2015. “Pengaruh Advertising Terhadap Niat Berkunjung Wisatawan Objek Wisata Pantai Firdaus di Kabupaten Minahasa Utara†Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Univeristas Sam Ratulangi, Manado.
Lidyawati. 1998. Hubungan antara Intensitas Menonton Iklan di Televisi dan Perilaku Konsumtif. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.
Oktavia Putri U. 2018. “Peran Bauran Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Wisatawan Di Pantai Klara (Kelapa Rapet) Bandar Lampung†. Skripsi. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung.
Pitana, I Gede. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. ANDI. Yogyakarta.
Pisit Potjanajaruwit. 2014. “Integrated Marketing Communication to Influencing International Standard Energy Economy Car Buying Decision of Consumer in Bangkokâ€. World Acadamy of Science, Engineering and Technology. International Journal of Information and Communication Engineering. Vol:8, No:6 , 2014.
Sanusi A. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta Selatan : Salemba Empat
Sudarsono. 1993. Kamus Filsafat dan Psikologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Graha Aksara
Vivi R, Selmi D dan Rintar Agus S. 2019. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Niat Berkunjung, Studi Kasus :Pantai Pasir Putih Kabupaten Monokwari†. Jurnal Skripsi Penelitian Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Papua. Vol.1, No.1, Tahun 2019
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.