ANALISA PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR ASET, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS

Nani Mulyani, Erick Agustinus

Abstract


Tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, struktur aset dan struktur modal terhadap profitabilitas perusahaan.

Metode. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan jumlah sampel sebanyak 13 perusahaan perdagangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) selama tahun 2017 – 2019. Data yang terkumpul dianalisis dengan aplikasi program Eviews.

Hasil. Ukuran perusahaan berpengaruh positif secara signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Struktur aset berpengaruh positif secara tidak signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Struktur modal berpengaruh positif secara tidak signifikan terhadap profitabilitas perusahaan.

Implikasi. Untuk meningkatkan manajemen kinerja perusahaan secara keseluruhan melalui manajemen profitabilitas perusahaan dengan tetap menjaga ukuran perusahaan, struktur modal dan struktur aset.

Keywords


Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, Struktur Modal dan, Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim. (2015). Manajemen Keuangan Bisnis: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ambarwati, N. S, Yuniarta, G.A., & Sinarwati, N.K. (2015). Pengaruh modal kerja, likuiditas, aktivitas dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia. Jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1).

Batubara, R. A P., Topowijono, & Zahroh Z.A. (2017). Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal. Jurnal Administrasi Bisnis, 50(4).

Brigham dan Houston. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1 (edisi II). Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, I. K., & Solihin, D. (2020). Pengaruh Current Ratio Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2018. JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi 2 (2), 183-191.

Fahmi, Irham. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.

Hartono Jogiyanto. (2008). Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi Keenam. Yogyakarta: BPFE

Mudjijah, S., & Hikmanto, A, (2018). Pengaruh Likuiditas, Struktur Aktiva Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas Yang Dimediasi Oleh Struktur Modal Pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomika dan Manajemen. 7(2).

Mulyawan, Setia. (2015). Manajemen Keuangan. Bandung: CV PUSTAKA. SETIA.

Nurdiana, D. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas. Menara Ilmu. XII(6).

Rifai, M,, Arifati, R., & Magdalena, M. (2015). Pengaruh ukuran perusahaan, struktur modal dan pertumbuhan perusahaan terhadap profitabilitas studi pada perusahaan manufaktur di BEI. Jurnal Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang.

Riyanto Bambang. (2013). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi. Keempat. BPFE-Yogyakarta.

Rusmawati. DJ.Y. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Hutang, Dan Umur Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food & Beverages Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi, 1(2).

Sari, N.P., & Samin. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aset, Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal. EKONOMI DAN BISNIS, 3(1).

Santoso, Singgih. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media. Komputindo.

Solihin, D. (2019). Pengaruh Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT Kalbe Farma, Tbk. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang. 7(1).

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suherman, Purnamasari, R., & Mardiyati, U. (2019). Pengaruh Struktur Aset, Likuiditas, Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Dimoderasi Oleh Ukuran Perusahaan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v2i1.16844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ARASTIRMA: Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Editorial Office :

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566

Handphone: 085781477624

E-mail: jurnalarastirma@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.