Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Akibat Pandemi Covid-19

Authors

  • Ratna Sari Universitas Pamulang
  • Asri Melani Universitas Pamulang
  • Ajeng Rahmayani Universitas Pamulang
  • Dahlia Permata Nur Aisiyah Universitas Pamulang
  • Sundari Dwi Nuraeni Universitas Pamulang

Abstract

Fenomena pembelajaran daring pada masa pandemi, siswa sekolah dasar dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar diperlukan motivasi untuk menggerakan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar. Tujuan pengabdian ini untuk membantu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam meningkatkan prestasi belajar di Teras Taman Baca. Metode pelaksanaan PKM berupa presetansi materi meningkatkan motivasi belajar dimasa pandemi dan tanya jawab dengan peserta siswa sekolah dasar di Teras Taman Baca. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa siswa sangat antusias mengikuti kegiatan PKM dan dapat meningkatkan motivasi belajar yang tinggi dalam mencapai cita-cita yang akan datang.

 

Kata Kunci: Motivasi belajar; Prestasi; Pandemi

Author Biographies

Ratna Sari, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Asri Melani, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Ajeng Rahmayani, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Dahlia Permata Nur Aisiyah, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Sundari Dwi Nuraeni, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Mona, N. (2020).Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia : Jurnal Sosial Humaniora Vol. 2 No.2

Patria, L., & Yulianto, K. (2011).Pemanfaatan Facebook untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri. Repository UT. Vol.1 No.1

Rimbarizki, R. (2017).Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, Vol. 6 No. 2

Cleopatra, M. (2015).Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, Vol. 5 No. 2 matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, Vol. 5 No. 2

Dewi, W. A . F.( 2020).Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 55-61.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi , Vol. 3 N0. 1

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B, Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta ; Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-09-16