PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS LINGKUNGAN BELAJAR DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS (SURVEI PADA SMK NEGERI DI KOTA TANGERANG SELATAN, BANTEN)
DOI:
https://doi.org/10.32493/skr.v5i2.1581Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas lingkungan belajar dan kecerdasan intelektual terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris di SMK negeri di Kota Tangerang Selatan, Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Jumlah populasi yang digunakan sebanyak 420 siswa. Sampel berukuran 52 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket persepsi siswa atas lingkungan belajar, hasil tes IQ, dan tes kemampuan berbicara siswa berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas lingkungan belajar dan kecerdasan intelektual secara bersama-sama terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa SMK negeri di Kota Tangerang Selatan, Banten. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 9,655. Secara bersama-sama persepsi atas lingkungan belajar dan kecerdasan intelektual memberikan kontribusi sebesar 28,3% terhadap variabel kemampuan berbicara bahasa Inggris, 2) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas lingkungan belajar terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa SMK negeri di Kota Tangerang Selatan, Banten. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,028 < 0,05 dan th = 2,271. Variabel persepsi siswa atas lingkungan belajar memberikan kontribusi sebesar 13,29% dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris, 3) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan intelektual terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa SMK negeri di Kota Tangerang Selatan, Banten. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,017 < 0,05 dan th = 2,471. Variabel kecerdasan intelektual memberikan kontribusi sebesar 14,97% dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris.
Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Kecerdasan Intelektual, Kemampuan Berbicara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka ).
JURNAL SEKRETARI: memiliki lisensi CC-BY-SA atau yang setara sebagai lisensi optimal untuk publikasi, distribusi, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Dalam mengembangkan strategi dan menetapkan prioritas, JURNAL SEKRETARI: Jurnal Sekretaris menyadari bahwa akses bebas lebih baik daripada akses berbayar, akses gratis lebih baik daripada akses gratis, dan libre di bawah CC-BY-SA atau yang setara lebih baik daripada libre di bawah kondisi terbuka yang lebih ketat. lisensi. Kita harus mencapai apa yang kita bisa ketika kita bisa. Kita tidak boleh menunda mencapai kebebasan untuk mencapai libre, dan kita tidak boleh berhenti pada kebebasan ketika kita bisa mencapai libre.