RANCANG BANGUN APLIKASI HASIL BELAJAR ANAK PADA PAUD SOKA INDAH BERBASIS ANDROID

Authors

  • Darsih Darsih Teknik Informatika, Politeknik Negeri Indramayu
  • Alifia Puspaningrum Teknik Informatika, Politeknik Negeri Indramayu
  • Munengsih Sari Bunga Teknik Informatika, Politeknik Negeri Indramayu
  • Moh Ali Fikri Teknik Informatika, Politeknik Negeri Indramayu

Keywords:

PAUD, Penilaian, Android, Hasil Belajar, Indramayu

Abstract

Teknologi informasi dalam kurun waktu yang sangat cepat semakin berkembang pesat sehingga mempermudah manusia dalam mengakses segala informasi yang ada tidak terkecuali dalam dunia pendidikan anak usia dini (PAUD). Pendidikan anak usia dini atau PAUD merupakan jenjang pendidikan yang ditempuh anak sebelum ia masuk ke sekolah dasar atau SD. PAUD Soka Indah merupakan salah satu PAUD di Indramayu yang terdampak pandemi COVID 19. Hal tersebut membuat proses kegiatan belajar dilaksanakan dari rumah. Hal ini menuntut pendidik untuk lebih siap dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran serta memaksa pendidik untuk memanfaatkan berbagai teknologi untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran. Hal ini membuat sebuah sistem yang dapat memberikan fasilitas bagi pendidik khususnya dalam merekap penilaian dan hasil belajar anak dibutuhkan oleh mitra. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan implementasi Penilaian dan Hasil Belajar Anak pada PAUD Soka Indah Berbasis Android yang diharapkan dapat digunakan dalam merekap hasil penilaian hasil pembelajaran anak usia dini. Setelah dimplemtasikan, aplikasi yang diusulkan dapat diimplementasikan dengan baik untuk mendukung penilaian hasil belajar anak.

References

Direktorat Pembinaan PAUD. (2018). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Issue 021).

Fujiawati, Fuja Siti; Raharja, Reza Mauldy; Iman, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 3(1), 120–126.

Stella Maris. (2019). Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Stella Maris Blog. https://www.stella-maris.sch.id/blog/paud/

Supena, A., Jaya, I., & Paramita, D. (2018). Penilaian dan Laporan Perkembangan. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 021, 2–3.

Wahyuni, M., & Hasbi, M. (2020). Rencana pelaksanaan program.

Wahyuni, M., Yuliantina, I., & Ritayanti, U. (2015). Penyusunan Rencana

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Darsih, D., Puspaningrum, A., Bunga, M. S., & Fikri, M. A. (2022). RANCANG BANGUN APLIKASI HASIL BELAJAR ANAK PADA PAUD SOKA INDAH BERBASIS ANDROID. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 47–52. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/28136