ANALISA KOMPOSISI KARET KOMPON AREA SHOULDER PROSES VULKANISIR BAN TRUK

Authors

  • Farid Wazdi Fakultas Teknik, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Nur Rahmat Fakultas Teknik, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Keywords:

vulkanisir, shoulder, karet kompon, umur pemakaian, kualitas

Abstract

Produk Vulkanisir  banyak digunakan pada kendaraan komersial seperti truk dan  tetapi kualitas produk vulkanisir masih banyak dikeluhkan oleh masyarakat di Indonesia. Terkelupasnya lapisan tapak hasil vulkanisir masih menjadi keluhan dominan pada produk vulkanisir ban truk di Indonesia  Dari hasil pengamatan pada beberapa ban vulkanisir yang rusak ditemukan beberapa kasus terlepasnya lapisan tapak dimulai dari area shoulder (pinggir tapak). Kondisi beban dari kendaraan dan muatan serta kondisi jalan dimana ban vulkanisir tersebut digunakan sangat mempengaruhi kualitas ban vulkanisir. Penelitian fokus dilakukan di area Jabotabek dengan kondisi jalan aspal dan beton. Penelitian  diawali dengan survei dan analisa  tekanan dan beban pada area shoulder saat ban vulkanisir tersebut digunakan dioperasional di jalan raya. Kemudian analisa terhadap komposisi karet kompon yang digunakan saat ini dibeberapa produsen vulkanisir di Indonesia. Dari hasil analisa kondisi saat ini maka dilakukanlah analisa perbaikan komposisi karet kompon area shoulder yang mampu secara optimal menerima beban operasional truk di jalan raya. . Dengan meningkatnya kualitas ban vulkanisir, maka industri vulkanisir di Indonesia akan meningkat dan meningkatkan perekonomian Indonesia.

References

Hardik V.Patel[1] and Brijesh D. Kayasth[2], 2016.,A Review On Design and Analysis of Tyre Envelope Expander for Tyre Retreading Process, International Journal Of Engineering Innovation And Scientific Research.Vol.1 (1)-P.P-65-68 ISSN:2395-6372.

Anurag Sharma, 2013.Retreading of Tyres, International Journal of Engineering and Advanced Technology (IJEAT)ISSN: 2249 –8958,Volume-2.

TBKKPTPL, 2008, Pembuatan Produk Karet dan Plastik, oleh Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik,

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Wazdi, F., & Rahmat, N. (2021). ANALISA KOMPOSISI KARET KOMPON AREA SHOULDER PROSES VULKANISIR BAN TRUK. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 297–306. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/8210