PENGARUH KADAR AIR PALM SUGAR (GULA SEMUT) SEBAGAI FAKTOR PENGENDALIAN KUALITAS PADA CV. DWI SARANA MANDIRI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS

Nova Wisnianingsih, Estiningsih Estiningsih, Sewaka Sewaka

Abstract


ABSTRAK

 

Departemen Quality Control diharapkan melakukan surveilans terhadap pengaruh statistik yang disebabkan oleh kelembaban. Metodenya Yang digunakan dalam penelitian ini adalah Statistical Process Control (SPC) adalah metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kontrol kualitas dan tingkat kerusakan yang terjadi di Proses produksi sudah selesai. Dari data histogram pada bulan Mei - Oktober 2012 untuk melihat pengaruh kerusakan yang terjadi, disebabkan oleh kadar air yang tinggi dan Kandungan air yang rendah mencapai 5.080 kg dengan total produksi 41.810, tercapai 12,15%. Diagram pareto mengklarifikasi kerusakan oleh kelembaban membuat faktor utama yang harus dialamatkan di CV mandiri. Dwi Sarana Mandiri. Diantara Kerusakan yang disebabkan oleh kadar air yang tinggi dan kadar air yang rendah memiliki kekuatan yang kuat Hubungan dengan hasil produksi yang didapat, hal ini ditunjukkan dengan sebaran Diagram tegak lurus dan sedikit condong ke kanan. Kerusakan air tinggi Tingkat dan kadar air yang rendah sangat mempengaruhi hasil produksi dengan beberapa titik yang melintasi garis kontrol (BKB) digambarkan dalam diagram c kontrol cacat (Atribut). Hasil penelitian dari kerusakan oleh kelembaban adalah karena faktor manusia, mesin, metode, material, dan pengukuran lingkungan.

 

Kata Kunci : Kadar air, Palm Sugar, Seven Tools, Kualitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Teknologi



TEKNOLOGI : JURNAL ILMIAH DAN TEKNOLOGI

  Lisensi Creative Commons
TEKNOLOGI : JURNAL ILMIAH DAN TEKNOLOGI oleh Universitas Pamulang - Fakultas Teknik disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/TKG/index.

View My Stats