Penerapan Fuzzy Inference System untuk Menentukan Jumlah Pembelian Produk Berdasarkan Data Persediaan dan Penjualan

Kecitaan Harefa

Abstract


Keuntungan yang maksimal diperoleh dari penjualan yang maksimal. Apabila jumlah produk yang disediakan oleh perusahaan kurang dari jumlah permintaan maka perusahaan akan kehilangan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dan sebaliknya. Oleh karena itu; Perencanaan jumlah pembelian produk untuk persediaan pada PT. Carrefour Puri Indah sangatlah penting. Agar dapat memenuhi permintaan pasar dengan tepat dan dengan jumlah yang sesuai. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan jumlah pembelian; antara lain: jumlah persediaan dan jumlah penjualan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode Fuzzy Inference System dengan menggunakan tiga variabel yaitu jumlah persediaan; jumlah penjualan; dan jumlah pembelian. Hasil dari penerapan metode Fuzzy Inference System terbukti dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan untuk menentukan jumlah pembelian produk agar persediaan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Keywords


Fuzzy Inference System; pembelian produk; persediaan; penjualan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/informatika.v2i4.1487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kecitaan Harefa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed in:






Supporting tools:

Turnitin Grammarly Mendeley

Powered By:

Universitas Pamulang

Flag Counter

Jurnal Informatika Universitas Pamulang (ISSN: 2541-1004 e-ISSN: 2622-4615)
Copyright © 2016-2019 Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang. All rights reserved.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License