Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris

Pari Purnaningsih

Abstract


Di dunia pendidikan; kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa tak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran yang diberikan oleh dosen. Dosen sebagai fasilitator berusaha memberikan proses belajar mengajar yang terbaik untuk mahasiswanya. Bahasa Inggris merupakan mata kuliah yang mengembangkan keterampilan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan; memahami dan mengungkapkan informasi. Mata kuliah ini tidak lagi sekedar mata kuliah yang terbatas pada ilmu tata bahasanya saja; namun juga dapat mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris secara lisan dan tulisan. Untuk itu diperlukan pendekatan kreatif yang dapat membawa mahasiswa lebih aktif dan menarik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Salah satu proses pendekatan yang diberikan dosen adalah pembelajaran bahasa Inggris dengan memanfaatkan media audio visual; yaitu menggunakan video; film; dan musik. Dalam pengajaran materi bahasa Inggris; penggunaan media pembelajaran ini merupakan salah satu media pembelajaran yang tepat untuk digunakan. Tujuan jurnal ini adalah memberikan strategi dalam memanfaatkan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris mahasiswa. Secara teknis strategi pemanfaatan  media audio visual dalam proses kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris dibagai menjadi tiga tahapan; yaitu persiapan; penggunaan dan yang terakhir adalah tindak lanjut setelah penggunaan. Strategi pemanfaatan media ini akan menjadikan pembelajaran bahasa Inggris lebih efektif; interaktif dan menarik. Dosen akan lebih optimal dalam penyampaian materi dan mahasiswa menjadi lebih mudah memahaminya.

Keywords


Media Audio Visual; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pari Purnaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed in:

                                 



Supporting tools:

Turnitin Grammarly Mendeley

Powered By:

Universitas Pamulang

Flag Counter

Jurnal Informatika Universitas Pamulang (ISSN: 2541-1004 e-ISSN: 2622-4615)
Copyright © 2016-2019 Teknik Informatika Universitas Pamulang. All rights reserved.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License