Pelatihan Kedisiplinan Untuk Meningkatkan Prestasi Santri Di Pondok Pesantren Nurul Ihsan
DOI:
https://doi.org/10.32493/ABMAS.v4i1.p34-39.y2022Keywords:
Kedisiplinan, Prestasi SantriAbstract
Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, diharapkan menjadi kesempatan bagi santriwan dan santriwati yang ada di Yayasan Nurul Ihsan untuk berdiskusi dengan narasumber terkait dengan Pelatihan Kedisiplinan Untuk Meningkatkan Prestasi Santri, dan tujuan utamanya adalah untuk memberikan pengajaran kepada santri dan santriwati yang ada di Yayasan Nurul Ihsan supaya dapat menghargai waktu, taat pada aturan yang ada, serta bertanggung jawab. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat ini keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat.
Metode yang kegiatan yang dilaksanakan adalah kami mendatangi langsung ke lokasi PKM yaitu di Yayasan Nurul Ihsan. Hasil pengabdian kepada masyarakat yang diperoleh yakni santri dan santriwati yang di Yayasan Nurul Ihsan dapat membentuk santri yang berprestasi, mereka perlu memiliki sikap disiplin dalam kehidupan. Sikap disiplin tersebut adalah; tanggung jawab, mengenal waktu, ketaatan, dan produktif. diharapkan mampu memberikan semangat baru bagi dosen dalam upaya mengembangkan diri memberikan pengarahan, penyampaian materi dan motivasi serta berkontribusi bagi generasi muda baik di dalam lingkungan kampus, keluarga dan masyarakat secara luasReferences
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. PT. Rajagrafindopersada : Jakarta.
Nirmala, Luh Saka. Ndara Tanggu. I Ketut Dibia. 2020. Korelasi Antara Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa. Diakses pada hari Senin, 17 Oktober 2022, pukul 22.12 WIB. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/29965
Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Pasaribu, V. L. D., Susanti, F., & Hartuti, E. T. K. (2019). Memotivasi Siswa dan Siswi SMK Letris Indonesia di Dalam Menentukan Pilihan Untuk Melanjutkan Pendidikan Atau Bekerja Setelah Lulus Sekolah. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 161-172.
Pasaribu, V. L. D., Sulaiman, S., Sutiman, S., Thaharudin, T., & Purnomo, B. Y. (2020). Pengenalan Letak Posyandu Terdekat Dikelurahan Pisangan Dengan Manajemen Pemasaran Revolusi 4.0 Untuk Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Letak Dan Fungsi Posyandu Terdekat Pada Kelurahan Pisangan. Dedikasi Pkm, 1(1), 105-110.
Pasaribu, V. L. D., Oktrima, B., Prabowo, B., Arianto, N., & Haryoko, U. B. (2020). Progam Pendampingan Dan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Pada Usia Dini Terhadap Prestasi Belajar Dilingkungan Rt 020 Rw 009. Kel Giri Peni. Kec Wates. Yogyakarta. Jurnal Lokabmas Kreatif, 1(1), 71-75.
Pasaribu, V. L. D., Jannah, M., Fazar, M., Putra, S. P., Monalisa, M., & Sofa, M. (2021). MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS USAHA DIMASA PANDEMI PADA IBU PKK RT 004/003 KELURAHAN SAWAH BARU CIPUTAT, TANGERANG SELATAN. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295-301.
Pasaribu, V. L. D., Yuniati, H. L., Pranata, R., Sembayu, R., Purba, S. M., & Nurbayani, T. T. A. (2021). MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK MENGHADAPI DAN BERTAHAN DI ERA COVID 19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 12-18.
Pasaribu, V. L. D., Dwiyatni, A., Sabina, C., Ridwan, M., Gunawan, D. D., & Noviani, B. C. (2021). EVALUASI PENERAPAN 3M DIMASA PANDEMIC COVID 19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 54-60.
Pasaribu, V. L. D., Syafei, A. N., Farhan, A., Aufaizah, A., Irani, C., & Firtiayani, S. R. (2021). PENGARUH DISPLIN PROTOKOL KESEHATAN TERHADAP PENCEGAHAN PENULARAN VIRUS COVID-19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 91-98.
Pasaribu, V. L. D., Septiani, F., Rahayu, S., Lismiatun, L., Arief, M., Juanda, A., ... & Rahim, R. (2021). Forecast Analysis of Gross Regional Domestic Product based on the Linear Regression Algorithm Technique.
Priadi, A., Pasaribu, V. L. D., Virby, S., Sairin, S., & Wardani, W. G. (2020). Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Desa Dikelurahan Rempoa. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 356-35
Pasaribu, V. L. D., Priadi, A., Anismadiyah, V., Rahayu, S., & Maduningtias, L. (2021). PENYULUHAN KREATIF DAN INOVATIF MENINGKATKAN MUTU PRODUKSI UMKM DI DESA BELEGA KABUPATEN GIANYAR. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02).
Pasaribu, V. L. D. (2021). PELATIHAN BERBASIS ONLINE DI ERA COVID-19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(3), 26-32.
Pasaribu, V. L. D., & Setyowati, R. (2021). ADAPTASI KEHIDUPAN NEW NORMAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DIYAYASAN PONDOK PESANTREN DAN PANTI ASUHAN NURUL IKHSAN KECAMATAN SETU, KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Lokabmas Kreatif: Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif, 2(2), 82-88.
Poerbakawatja, Soegarda. 2007. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
Sudjana, Nana. 2012. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sutirna. 2013. Perkembangan & Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.