Pengayaan Literasi Digital di MI Jam’iyyatul Khair: Edpuzzle sebagai Media Alternatif dalam Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v1i2.10838Keywords:
edpuzzle, edukasi karakter, fabel, literasi digitalAbstract
Salah satu institusi pendidikan di Indonesia yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh pada saat pandemi COVID-19 adalah Madrasah Ibtidaiyah Jam’iyyatul Khair di Tangerang Selatan. Faktanya, staf pengajar di Madrasah ini mengalami kesulitan dalam memaksimalkan pembelajaran online. Kendala tersebut disebabkan oleh rendahnya minat siswa dalam membaca materi sebelum mengerjakan tugas sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Sebagai solusinya, tim Pengabdian Masyarakat (PkM) Universitas Pamulang mengadakan workshop tentang literasi digital dan dimensi literasi lainnya seperti budaya dan pendidikan karakter. Kegiatan PKM ini tidak dipungut biaya dan disampaikan langsung oleh dosen dan mahasiswa. Aplikasi Edpuzzle dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi media digital sebagai sarana pendukung pembelajaran jarak jauh. Hal ini dirancang agar suasana belajar menjadi lebih menarik dan hidup, sehingga kemampuan literasi digital siswa akan meningkat seiring dengan pendidikan karakter yang baik. Dengan menelaah kuesioner – pertanyaan yang mencakup literasi digital hingga Edpuzzle – yang dibagikan kepada peserta sebelum dan sesudah lokakarya, dapat disimpulkan bahwa Edpuzzle merupakan alternatif baru dan menyenangkan dalam pembelajaran jarak jauh bagi pendidik dan siswa.
References
Arnesi, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan media pembelajaran online – offline dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2 (1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/3284
Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., Putra, A. B. N. R., (2019). Kompetensi literasi digital bagi guru dan pelajar di lingkungan sekolah kabupaten malang. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 3 (2). http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/11592/5021
Brenner, K. (2014) Digital stories: A 21st-century communication tool for the English language classroom. English Teaching Forum, 1, 22-29. https://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files/52_1_5_brenner.pdf
Budhiman, A. (2017). Gerakan penguatan pendidikan karakter. http://repositori.kemdikbud.go.id/10096/1/Paparan_PPK__Dr__Arie_Budhiman__M_Si.pdf
Kemendikbud (2017). Panduan gerakan literasi nasional. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wpcontent/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf
Kemendikbud (2017). Peta jalan gerakan literasi nasional. https://paska.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2018/08/170823-V.3-GLN-.pdf
Kemendikbud (2017). Materi pendukung literasi digital: Gerakan literasi nasional. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/literasi-DIGITAL.pdf
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (covid- 1 9). https://www.google.com/search?q=SURAT+EDARAN+NOMOR+4+TAHUN+2O2O+TENTANG+PELAKSANAAN+KEBIJAKAN+PENDIDIKAN+DALAM+MASA+DARURAT+PENYEBARAN+CO+RO+NAVIRU+S+D%2FSEASE+(COVID-+1+9)&oq=SURAT+EDARAN+NO