Aktifitas Membaca untuk Menelusuri Pesan Moral dalam Cerita Pendek Anak
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v1i2.10872Keywords:
aktifitas membaca, cerita anak, pengabdian kemasyarakatan, pesan moralAbstract
Pengabdian kemasyarakatan ini mengangkat tema “Meningkatkan pesan moral dalam cerita pendek anak melalui aktifitas membacaâ€. Kegiatn ini diadakan di RW 16 Kelurahan Benda Baru, Pamulang 2. Di setiap minggunya, anak-anak di RW 16 ini mengikuti kegiatan informal untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris. Kegiatan ini dikoordinir oleh pengurus RW setempat. Hal ini untuk mendukung mereka agar lebih dapat mengembangkan kemampuan mereka yang mungkin tidak mereka dapat di sekolah mereka. Tiga media utama yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kemasyarakatan kali ini adalah teks bacaan cerita anak berbahasa Inggris, buku aktifitas peserta, video panduan dari para pembimbing. Teks bacaan anak berbahasa Inggris adalah media utama yang digunakan peserta untuk memahami pesan moral melalui kesusastraan dalam kontek kehidupan anak-anak. Kemudian buku aktifitas membaca dibuat oleh pembimbing dari Tim PkM yang merupakan teks bacaan cerita anak berbahasa Inggris berikut dengan instruksi-instruksi aktifitas membaca. Lalu video yang dibuat oleh para pembimbing yang merupakan mahasiswa Universitas Pamulang. Video ini diperuntukkan agar memudahkan para peserta mengerti dan memahami instruksi instruksi dalam buku aktifitas membaca yang diberikan pembimbing kepada peserta. Dari semua hal tersebut maka hasil yang didapat oleh Tim PkM adalah peningkatan pemahaman peserta mengenai pesan moral yang terkandung di dalam cerita berikut kosakatanya.
References
Ebrahimi, S. (2012). Reading strategies of iranian postgraduate english students living at esl context in the first and second language. International Proceedings of Economics Development and Research, 30, 195- 199.
Esten, M. (1978). Kesusastraan (pengantar, teori, dan sejarah). Angkasa.
Goodman, K. (1967). Reading: A psycholinguistic guessing game. Journal of the Reading Specialist, 6, 126- 135.
Graff, H. J. (2006). Literacy. Microsoft® Encarta® [DVD]. Redmond, WA: MicrosoftCorporation 2005.
Grellet, F. (1981). Developing reading skills. Cambridge University Press.
Moral. (2016). KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/moral
Teale, W. H., & Sulzby, E. (1986). Emergent literacy: writing and reading. Ablex Publication Corp.
Wantah, M. J. (2005). Pengembangan disiplin dan pembentukan moral pada usia dini. Departemen Pendidikan Nasional