Aktifitas Membaca untuk Menelusuri Pesan Moral dalam Cerita Pendek Anak

Authors

  • May Triranto Maharini Universitas Pamulang
  • Setiana Sri Wahyuni Sitepu Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v1i2.10872

Keywords:

aktifitas membaca, cerita anak, pengabdian kemasyarakatan, pesan moral

Abstract

Pengabdian kemasyarakatan ini mengangkat tema “Meningkatkan pesan moral dalam cerita pendek anak melalui aktifitas membacaâ€. Kegiatn ini diadakan di RW 16 Kelurahan Benda Baru, Pamulang 2. Di setiap minggunya, anak-anak di RW 16 ini mengikuti kegiatan informal untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris. Kegiatan ini dikoordinir oleh pengurus RW setempat. Hal ini untuk mendukung mereka agar lebih dapat mengembangkan  kemampuan mereka yang mungkin tidak mereka dapat di sekolah mereka. Tiga media utama yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kemasyarakatan kali ini adalah teks bacaan cerita anak berbahasa Inggris, buku aktifitas peserta, video panduan dari para pembimbing. Teks bacaan anak berbahasa Inggris adalah media utama yang digunakan peserta untuk memahami pesan moral melalui kesusastraan dalam kontek kehidupan anak-anak. Kemudian buku aktifitas membaca dibuat oleh pembimbing dari Tim PkM yang merupakan teks bacaan  cerita anak berbahasa Inggris berikut dengan instruksi-instruksi aktifitas membaca. Lalu video yang dibuat oleh para pembimbing yang merupakan mahasiswa Universitas Pamulang. Video ini diperuntukkan agar memudahkan para peserta mengerti dan memahami instruksi instruksi dalam buku aktifitas membaca yang diberikan pembimbing kepada peserta. Dari semua hal tersebut maka hasil yang didapat oleh Tim PkM adalah peningkatan pemahaman peserta mengenai pesan moral yang terkandung di dalam cerita berikut kosakatanya.

Author Biography

May Triranto Maharini, Universitas Pamulang

-

References

Ebrahimi, S. (2012). Reading strategies of iranian postgraduate english students living at esl context in the first and second language. International Proceedings of Economics Development and Research, 30, 195- 199.

Esten, M. (1978). Kesusastraan (pengantar, teori, dan sejarah). Angkasa.

Goodman, K. (1967). Reading: A psycholinguistic guessing game. Journal of the Reading Specialist, 6, 126- 135.

Graff, H. J. (2006). Literacy. Microsoft® Encarta® [DVD]. Redmond, WA: MicrosoftCorporation 2005.

Grellet, F. (1981). Developing reading skills. Cambridge University Press.

Moral. (2016). KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/moral

Teale, W. H., & Sulzby, E. (1986). Emergent literacy: writing and reading. Ablex Publication Corp.

Wantah, M. J. (2005). Pengembangan disiplin dan pembentukan moral pada usia dini. Departemen Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2021-08-09