Peningkatan Kemampuan Menyimak melalui Kalimat Perintah Bahasa Inggris Sehari-hari dengan Metode TPR
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v1i2.10873Keywords:
kompetensi menyimak, kalimat perintah, bahasa Inggris untuk anak-anakAbstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi menyimak bahasa Inggris melalui instruksi bagi siswa SD Yayasan Bangun Cendikia Muda (YBMC) Cipedak Jakarta Selatan. Bahasa Inggris memiliki dua fungsi, salah satunya adalah bahasa sebagai alat komunikasi yang dibutuhkan untuk semua generasi, khususnya siswa yang perlu mempelajari berbagai mata pelajaran yang buku-buku sumbernya masih ditulis dalam bahasa Inggris. Menyimak adalah salah satu keterampilan penguasaan bahasa untuk menguasai bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena berkaitan dengan fenomena proses pembelajaran bahasa Inggris di YBMC. Teori Hedge (200) tentang menyimak digunakan untuk membuktikan peran menyimak dalam penguasaan bahasa Inggris. Data yang diperoleh dari survei dan wawancara dianalisis dan dijelaskan dalam format esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa murid YBCM sangat antusias dan memberikan sikap yang positif dalam penggunaan instruksi bahasa Inggris sehari-hari. Selain itu, mereka juga meningkatkan kemampuan menyimak dalam bahasa Inggris serta menambah kosakata bahasa Inggris.
References
Angmalisang, H. Y. (2013). Pengaruh minat pada lagu bahasa Inggris terhadap kemahiran mendengarkan siswa di SMA Kristen Irene Manado [Unpublished thesis]. Skripsi. Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi.
Adnyani, N. W. S. (2018). Metode total physical response (TPR) untuk pengembangan kemampuan mendengarkan dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini. Pratama Widya Journal, 3 (2). http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/download/735/617
Astutik, Y., & Aulina, C. N. (2017). Metode total physical response (TPR) pada pengajaran bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(2), 196-207. https://vm36.upi.edu/index.php/BS_JPBSP/article/download/9658/pdf
Dady. K., dkk. (2019). Mendengarkan kemampuan siswa sekolah dasar dalam bahasa Inggris dengan menggunakan metode TPR (Total Physical Response). Fakultas Ilmu Budaya UNSRAT Jurnal Skripsi. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/download/24222/23908
Gilakjani, A. P., & Sabouri, N. B. (2016). Learner’s listening comprehension difficulties in English language learning. Canadian Center of Science and Education. English Language Teaching Journal, 9 (6). https://www.researchgate.net/publication/302064830_Learners'_Listening_Comprehension_Difficulties_in_English_Language_Learning_A_Literature_Review
Hornby, A. S. (2000). Oxford advanced learner’s dictionary of current English (6th ed.).
Jullyana, H., dkk. (2015). Metode listen and do untuk meningkatkan listening di dekol ah dasar. Antologi UPI. https://docplayer.info/52062871-Metode-listen-and- do-untuk- meningkatkan-pembelajaran-listening-di-sekolah-dasar.html
Kitao, K. (1996). Why do we teach English?. TESL Journal, 2 (4). http://iteslj.org/Articles/KitaoWhyTeach.html
Linse, T., C. (2005). Young learners: Practical English language teaching. McGraw-Hill Companies, Inc.
Masnijar, T. (2017). The use of English kids’ song to improve students’ listening comprehension [Unpublished thesis]. Faculty of Education and Teacher Training. Ar-Raniry State Islamic University.
Maulida, R. (2018). An analysis of student’s difficulties in learning listening at SMAN 11 Banda Aceh [Unpublished thesis]. Faculty of Education and Teacher Training. Ar-Raniry State Islamic University.
Putri, A. R. (2016). Upaya meningkatkan listening skills bahasa Inggris melalui penggunaan imperative moods pada siswa kelas IV [Unpublished thesis]. UNJ. http://repository.unj.ac.id/957/2/Jurnal%20skripsi.pdf.
Richards, J. C.,& Rodgers, T. S. (1986). Approaches and methods in language teaching. Cambridge University Press.
Sayd, A.I., dkk. (2018). Implementasi total physical response (TPR) dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak Sekolah Dasar Inpres Lilibang Kupang. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3 (1), 17-24, Juni 2018. https://core.ac.uk/download/pdf/268045163.pdf
Saraswaty, D. R. (2018). Learner’s difficulties & strategies in listening comprehension. English Community Journal (2018), 2 (1): 139–152. https://jurnal.um-alembang.ac.id/englishcommunity/article/view/1003/877
Setyoningsih. (2016). Kata bahasa Inggris melalui metode total physical response (TPR) pada anak usia dini. Jurnal IAIN Kudus, 4 (1). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/viewFile/4274/2782