Pelatihan Percakapan Bahasa Inggris dengan Metode Dubbing bagi Siswa Darussalam Pondok Petir-Depok

Authors

  • Yani Octafia Universitas Pamulang
  • Kamil Falahi Universitas Pamulang
  • Afrianti Wulandari Universitas Pamulang
  • Shandi Noris Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v1i2.10880

Keywords:

film, metode dubbing, percakapan, bahasa Inggris

Abstract

Metode pembelajaran yang diterapkan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini menerapkan metode pembelajaran dubbing. Sasaran program Pengabdian Kepada Masyarakat yang akan dituju adalah para siswa kelas VII SMP di Yayasan Darussalam Pondok Petir-Depok. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17-19 Desember 2020. Kegiatan ini bermanfaat untuk memberikan pengetahuan mengenai media dan metode pembelajaran percakapan bahasa Inggris dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan para siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Kami sebagai dosen dan mahasiswa Fakultas Sastra, jurusan Sastra Inggris, Universitas Pamulang berkontribusi dalam kegiatan ini melalui media film dengan metode dubbing untuk mengembangkan kemampuan berbicara bahasa Inggris para siswa di Yayasan Darussalam Pondok Petir-Depok. Hasil dari kegiatan ini adalah berupa membuat video pelatihan percakapan bahasa Inggris. solusi permasalahan yang diusulkan oleh kami untuk para siswa di Yayasan Darussalam Pondok Petir-Depok, yaitu para siswa dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan menambah pembendaaraan kata sehingga dapat meningkatkan semangat para siswa dalam pelajaran bahasa Inggris di sekolah dan kehidupan sehari-hari. 

References

Arifuddin. (2010). Neuro psikolinguistik. PT Rajagrafindo Persada.

Arsyad, A. (2003). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Baker, M. (2001). Routledge encyclopedia of translation studies. Routledge.

Baskin, A. (2003). Membuat film indie itu gampang. Kanisius.

Djiwandono, M. S. (2011). Tes bahasa pegangan bagi pengajar bahasa. Indeks.

Pradana, S. A. (2016). The use of videocast in improving the speaking ability integrated in a drama class. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 409-428.

Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana.

Scrivener, J. (2005). Learning teaching: a guide book for English language teachers. Macmillan Education.

Soekamto, T. (1992). Strategi belajar mengajar. BP-FKIP UMS.

Susanto, A. S. (1982). Komunikasi massa. Bina Cipta.

Downloads

Published

2021-08-09