Peningkatan Pemahaman Budaya Kerja Masyarakat Jepang bagi Siswa SMK Yadika 13 Bekasi

Authors

  • Onin Najmudin Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA
  • Elli Rahmawati Zulaeha Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA
  • Ani Sunarni Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA
  • Novita Puspahaty Universitasi Islam ‘45
  • Shabrina Rahmalia Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v2i1.13216

Keywords:

PkM, orang Jepang, meningkatkan pemahaman, budaya kerja, SMK YADIKA 13

Abstract

Kemampuan memahami budaya merupakan modal berharga agar dapat berinteraksi dan beradaptasi dengan komunitas masyarakat tersebut. Kegiatan berupa pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang budaya kerja masyarakat Jepang kepada siswa/I SMK Yadika 13 Kabupaten Bekasi. Kegiatan ini diikuti oleh siswa/I dari empat jurusan yang berbeda, di antaranya: (1) Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomatis (TKRO), Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), dan Jurusan Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL). Metode yang digunakan antara lain: (1) materi tentang budaya kerja di perusahaan Jepang, (2) serba serbi Jepang, dan (3) kesempatan bekerja di Jepang. Hasil dari kegiatan ini tampak pada munculnya antusiasme siswa SMK Yadika 13 untuk bekerja di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia maupun bekerja di Jepang. Selain itu, kegiatan ini juga berdampak pada munculnya minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang berhubungan dengan Jepang.

References

Bodley, H. J. (1994). Cultural anthropology: Tribes, states and the global system. Mayfield, CA. Mountain View.

Khan, I. A. (2011). KAIZEN: The Japanese strategy for continuous improvement. VSRD-IJBMR, 1(3), 177-184.

Spencer-Oatey, H. (2012). What is culture? A compilation of quotations. GlobalPAD Core Concepts. http://www2.warwick.ac.uk/fac/soc/al/globalpad/interculturalskills/

Tam, C. (2020). Work culture in Japan: The 5 crucial differences you should know about. Hive Life. https://hivelife.com/work-culture-japan/

Downloads

Published

2022-02-01