Meningkatkan dan Mengembangkan Minat Belajar di Masa Pandemi melalui Pelatihan Bahasa Inggris di Babakan Batawi Ujung Berung Kota Bandung

Authors

  • Meiyanti Nurchaerani Universitas Esa Unggul
  • Firmansyah Nursyamsi Universitas Al-Ghifari
  • Haryati Haryati Universitas Putra Indonesia
  • Nida Nabila Salwa MAN 1 Cianjur
  • Syahiid Hidayatullah Rizkyka Hartadhi Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v2i1.13240

Keywords:

bahasa Inggris, minat belajar, pelatihan

Abstract

Pandemi yang telah terjadi sejak 2019 ini berpengaruh terhadap sektor pendidikan Indonesia. Sistem pembelajaran yang biasanya selalu dilaksanakan secara langsung/tatap muka beralih menjadi sistem pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring tentu saja berbeda dengan dengan pebelajaran secara langsung sehingga minat belajar anak-anakpun cenderung menurun. Maka dari itu program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang berupa pelatihan bahasa Inggris ini dilaksanakan guna meningkatkan minat belajar serta kemampuan berbahasa Inggris anak. Dalam pelaksanaannya, kami menggunakan metode pelatihan dengan pendekatan observasi. Pengaruh pelatihan bahasa Inggris terhadap minat belajar dan kemampuan berbahasa Inggris pada anak-anak di Babakan Batawi sangat signifikan. Berbagai faktor seperti rendahnya edukasi tentang pembelajaran di masa pandemi, kurangnya komunikasi dan rasa jenuh serta faktor ekonomi mulai terkikis. Pelatihan ini telah meningkatkan minat belajar dan kemampuan berbahasa Inggris anak. Hal itu dapat dilihat dari bertambahnya jumlah anak yang mengikuti pelatihan secara rutin, bertambahnya kosakata bahasa Inggris anak-anak serta kemampuan berbicara bahasa Inggris yang semakin baik. Hal itu menunjukkan bahwa pelatihan bahasa Inggris ini memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap minat belajar dan kemampuan berbahasa Inggris anak-anak di Babakan Batawi Ujung Berung Kota Bandung.

References

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 1, 135–144. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4774

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Syafnidawaty. (2020, November 10). OBSERVASI. https://raharja.ac.id/2020/11/10/observasi/

Widyaiswara, D. (2019, January 31). Jenis - Jenis Metode Pelatihan yang Interaktif. https://kkp.go.id/brsdm/bdasukamandi/artikel/8635-jenis-jenis-metode-pelatihan-yang-interaktif

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Downloads

Published

2022-02-01