Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris melalui Lagu di Sekolah Dasar Rumah Peduli, Yayasan Hijau-Pasar Minggu
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v2i1.13975Keywords:
siswa SD, lagu, kemampuan berbicara Bahasa Inggris, Rumah PeduliAbstract
Mengajarkan bahasa Inggris kepada siswa sekolah dasar berbeda dengan mengajarkan bahasa ini kepada remaja atau orang dewasa. Siswa sekolah dasar memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri yang sedikit banyak mempengaruhi suasana pembelajaran di dalam kelas dan pemilihan strategi pembelajaran oleh guru. Diantara strategi mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak yang bisa dilakukan para guru adalah mengunakan lagu. Lagu merupakan sumber bahasa yang otentik. Hampir tidak ada batas waktu dalam menggunakan media lagu untuk mengajar bahasa Inggris, maksudnya para siswa bisa menggunakan lagu sebagai input bahasa sesuka hati mereka, kapan pun mereka mau, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Berangkat dari hal tersebut, maka tim Pengabdian kepada Masyarakat dari Program Studii Sastra Inggris Universitas Pamulang bermaksud untuk melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dengan tema “Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Lagu di Sekolah Dasar Rumah Peduli (Yayasan Indonesia Hijau-Pasar Minggu)â€. Pemilihan mitra sasaran berupa kelompok belajar anak-anak tersebut berdasarkan pertimbangan bahwa anak-anak merupakan generasi penerus yang melanjutkan jalannya kehidupan bangsa di masa mendatang. Dengan demikian, mereka perlu dibekali dengan pembentukan kemampuan semenjak dini yang kelak bermanfaat bagi masa depan.
References
Brewster, J., Ellis, G., Girard, D. (2002). The primary English teacher’s guide. Penguin English.
Brown, H. D. (2000). Principles of language and teaching. Longman.
Chistamia, V. (2014). Improving students’ speaking skill through English song at grade iv of sdn adisucipto ii in the academic year of 2013/2014. Eternal (English,Teaching, Learning, and Research Journal), 4(2).
Ellis, A. (1994). Rational emotive behavior therapy and its applications to emotional education. In A. Ellis & S. Blau 9Eds.), The Albert Ellis reader: A guide to well-being using rational emotive behavior therapy. 253-260. Citadel Press.
Lynne, C. (2001). Teaching languages to young learners. Cambridge University Press.
Marhnis, Y. (2009). Kiat pembelajaran siswa. Putra Grafika.