Pelatihan TOEFL ITP untuk Mahasiswa Tingkat Akhir Politeknik Ketenagakerjaan
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v2i1.14410Keywords:
ceramah, drill, pelatihan, tanya jawab, TOEFL ITPAbstract
Kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan kepada mahasiswa tingkat akhir Politeknik Ketenagakerjaan yang belum pernah sama sekali mendapatkan pelatihan untuk mencapai nilai TOEFL ITP minimal 460. Nilai TOEFL minimal 460 merupakan nilai minimal seseorang disebut sebagai pengguna mandiri dan syarat untuk diterbitkan sertifikat TOEFL ITP dengan predikat Bronze. Metode ceramah, drill dan tanya jawab digunakan dalam proses penyampaian materi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Hasil dari kegiatan ini merupakan luaran berupa pelatihan TOEFL ITP kepada mahasiswa Politeknik Ketenagakerjaan. Dari hasil pelatihan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini mencapai sasarannya meskipun dengan beberapa catatan yang dijadikan sebagai saran bagi kegiatan ini. Terdapat empat saran untuk perbaikan kegiatan ini yaitu (1) durasi pelatihan TOEFL ITP diperpanjang atau jumlah pertemuannya ditambah, (2) kelas dibuat terpisah sesuai level pesertanya, (3) penyusunan jadwal disesuaikan dengan ketersediaan pesertanya, dan (4) materi yang sudah diajarkan diunggah ke media seperti YouTube supaya peserta tetap bisa mengaksesnya untuk pembelajaran pribadi.
References
ETS. (2014). Official guide to the TOEFL ITP Test. ETS.
Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan tes TOEFL (Test of English Foreign Language) untuk siswa SMK/SMA, mahasiswa, dosen, dan umum. Jurnal Budimas, 02(02), 43–49.
Lubis, L. R., & Irmayana, A. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa IPTS dalam Menyelesaikan Soal-Soal TOEFL. Jurnal Education and Development, 7(3), 118. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1202
Polteknaker. (2021). Sejarah Kampus. https://polteknaker.ac.id/sejarah-kampus/
Salam, U. (2017). Toefl Antara Penting Dan Frustasi: Analisis Kebijakan “Toefl†Di Universitas Tanjungpura. Journal of Prospective Learning, 2(1), 37–44.
Syamsurrijal, S., Ceriyani Miswaty, T., & Pahrul Hadi, M. Z. (2021). Pelatihan TOEFL dengan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition untuk Mencapai Nilai Ideal di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(5), 217–226. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.48
Utami, S. S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan Skor Test Bahasa Inggris (TOEFL) melalui Pelatihan secara Intensif. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 36. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.1477