Optimalisasi Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Digital
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v2i1.14521Keywords:
optimalisasi, desain pembelajaran, bahasa inggris, berbasis digital, pengabdian kepada masyarakatAbstract
Masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir menciptakan suasana belajar menjadi lebih terbatas. Pembelajaran berbasis digital tidak dapat dihindarkan demi terciptanya kelangsungan aktivitas pendidikan. Guru sebagai penyedia, pengajar dan penilai pada proses pembelajaran harus senantiasa upgrade skill dalam menghadapi realita peserta didik yang semakin jenuh akan situasi kondisi keterbatasan pola, media serta akses pembelajaran. Pengabdian kepada masyarakat ini memberikan kontribusi kepada guru-guru bahasa inggris di kabupaten Mandailing Natal yang tergabung kedalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa workshop dan pendampingan seputar desain pembelajaran bahasa Inggris berbasis digital yakni materi yang berkenaan guru melek IT, Penggunaan aplikasi Kine Master dalam mempersiapkan video pembelajaran kreatif, penggunaan platform penilaian melalui aplikasi dojo class dan pembuatan E-book kreatif dengan aplikasi flip book maker. Akhir dari kegiatan pendampingan ini, guru bahasa inggris dapat membuat E-book pembelajaran yang digunakan dalam mengajar dan melakukan penilaian kepada peserta didik dikelas daring lebih menarik dan inovatif sehingga penyuguhan materi pembelajaran dapat optimal.References
Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi guru sekolah dasar untuk menyiapkan generasi milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(2018), 113–120.
Fauzan, R., Yawati, J., & Ribawati, E. (2019). Pengembangan media flash flip book digital dalam pembelajaran sejarah sma materi sejarah lokal geger cilegon 1888 di sma negeri 1 cisaruas. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 2(2), 30–38.
Khaira, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ict. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa, 3, 39–44. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41218
Kusuma, J. W., Jefri, U., Surnani, E., Pratiwi, I., & Kurniawan, E. (2020). Pelatihan penggunaan aplikasi classdojo sebagai upaya peningkatan pembelajaran jarak jauh bagi guru sd it bina bangsa di era kenormalan baru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(1), 57. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6906
Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan media pembelajaran flip book pada materi gerak benda di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326–332. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/6213
Saragih, M. R. S. D. (2017). Efektifitas musyawarah guru mata pelajaran untuk meningkatkan kompetensi guru bahasa inggris di kota binjai. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 289–307.
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul virtual: Multimedia flip book dasar teknik digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2). https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860
Unnes, F. B. S. (2009). Inovasi pembelajaran bahasa inggris berbasis ict dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(1), 59–67.