Tabungan Literasi Berbasis Kearifan Lokal (Tali Kekal) sebagai Solusi Penanaman Minat Literasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v2i1.14620Abstract
Kegiatan literasi adalah salah satu komponen penting dalam kemajuan pendidikan. Namun di tengah pandemi Covid-19, literasi di Indonesia kian lesu. Hal tersebut diperparah dengan berhentinya kegiatan Gerakan Literasi Sekolah yang digencarkan oleh pemerintah, karena pemberlakuan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pengembangan Tabungan Literasi Berbasis Kearifan Lokal (Tali Kekal) dalam bentuk aplikasi digital. Tali Kekal sendiri sebelumnya adalah program pengabdian penanaman minat baca yang diterapkan di semua SD/MI di Desa Pengambengan, Kabupaten Jembrana. Penelitian ini menggunakan rancangan eksploratif kualitatif. Jenis eksploratif digunakan karena pengembangan masih sebatas dalam bentuk gagasan/desain, dan pendekatan kualitatif digunakan karena data yang dipaparkan menggunakan kalimat, bukan numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur-fitur yang ada dalam Tali Kekal adalah, (1) klaim hadiah; (2) perpustakaan; (3) tugas/setor baca; (4) buku tabungan; (5) seputar Indonesia; dan (6) cerita rakyat. Fitur-fitur tersebut hampir mirip dengan Tali Kekal konvensional yang telah dilaksanakan, dan fitur-fitur tersebut dianggap mampu menjadi solusi dalam membangun kembali kegiatan literasi daring di tengah pandemi Covid-19. Untuk memaksimalkan tujuan dari Tali Kekal, orang tua diharapkan senantiasa melatih dan mendampingi siswa dalam berliterasi di rumah.
References
Abidin, N.R.Z. (2020). Literasi Membaca sebagai Upaya Pembentuk Karakter Peserta Didik (Jujur dan Bertanggungjawab). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Irianto, P.O., & Febrianti, L.Y. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. Proceedings of The 1st Education and Language International Conference, Center for International Languange Development of Unissula.
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Ramadhan, F. (2021). Minat Baca Anak Ikut Mati Diterjang Pandemi Covid-19. Kompas. www.kompas.id/baca/humaniora/2021/04/24/baca-anak-ikut-mati-diterjang-pandemi.
Rojaki. (2021). Penguatan Literasi di Tengah Kemelut Covid (Refleksi Setahun Pandemi Covid-19). Web SMA Negeri 2 Sekayu. www.sman2sekayu.sch.id/penguatan-literasi-di-tengah-kemelut-covid-refleksi-setahun-pandemicovid-19.
Santoso, S. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Tri Hita Karana untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045. Dipresentasikan pada Educreation Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2018.
Santoso, S., & Negara, I. H. P. (2021). Penanaman Minat Bertani Pada Siswa TK Melalui Aplikasi Edutani. Jurnal Sistema, 2(1). https://doi.org/10.2493/sjp.v21i.733.
Sativa. (2011). Empirisme, Sebuah Pendekatan Penelitian. Jurnal Inersia, 7(2).
Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo.
Tim KKN Undiksha Desa Pengambengan. (2019). Laporan KKN Desa Pengambengan. [Laporan KKN tidak diterbitkan]. Universitas Pendidikan Ganesha.