Meningkatkan Kefasihan Berbicara Bahasa Inggris: Praktik Pelafalan Kata Menggunakan Simbol Fonetik

Authors

  • Yani Octafia Universitas Pamulang
  • Al Khansa Nova Misbahillah Universitas Pamulang
  • Anita Kusumawati Universitas Pamulang
  • Mia Perlina Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v3i1.23374

Keywords:

berbicara, fonetik, pelafalan

Abstract

Jampang English Village (JEV) merupakan program yang mendukung pembangunan 'Kampung Inggris Jampang'. Sebagai sarana pembelajaran bahasa Inggris, tutor-tutor di JEV dituntut untuk meningkatkan kemampuan dalam Bahasa Inggris, akan tetapi tak sedikit dari mereka mendapat kesulitan-kesulitan dalam belajar dan membimbing bahasa Inggris, salah satunya dalam hal pengucapan kata atau pronunciation. Maka diperlukan kegiatan pendampingan atau pelatihan untuk meningkatkan kefasihan dalam pronunciation tersebut. Karena itu beberapa dosen dari Program Studi Sastra Inggris Universitas Pamulang, melakukan suatu program berupa Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang berjudul  â€œMeningkatkan Kefasihan Berbicara Bahasa Inggris dengan Praktik Pelafalan Kata Menggunakan Simbol Fonetik. Jampang English Village (JEV) bertujuan untuk memfasilitasi mitra PkM dalam memperkaya ragam metode pengajaran Bahasa Inggris khususnya metode pembelajaran yang dapat mendorong tutor –tutor di Jampang English Village (JEV) untuk dapat meningkatkan kemampuan mengucapkan setiap kata dalam Bahasa Inggris. Metode pelaksanaan PKM yaitu memberikan materi untuk melafalkan kata-kata bahasa Inggris dan melatih kemampuan percakapan bahasa Inggris dengan menggunakan simbol fonetik. Hasil kegiatan PKM menunjukkan bahwa pendampingan dan pembimbingan praktek pelafalan kata dengan menggunakan simbol fonetik dapat membantu peserta tutor untuk memahami konsep pelafalan kata dalam Bahasa Inggris secara akurat. Sehingga, kemampuan berbicara peserta tutor dapat meningkat.  

References

Fraser, H. (2000). Coordinating improvements in pronunciation teaching for adult learners of English as a second language: Commonwealth of Australia, Department of Education training and Youth Affairs.

Gilakjani, A.P. (2011). A study on the situation of pronunciation instruction in ESL/EFL classroom. Journal of Studies in Education, 1(1), 1-15.

Munro, M.J. & Derwing, T.M. (2011). The foundation of accent and intelligibility in pronunciation research. Language Teaching, 44(03), 316-327. doi: 10.1017/S0261444811000103.

Sarudin, I., Mohd Noor, Z., Zubairi, A.M., Tunku Ahmad, T.B., & Nordin, M.S. (2013). Needs assessment of workplace English and Malaysian graduates’ English language competency. World Applied Sciences Journal, 21, 88-94.

Seidlofer, B. (2001). R. Carter & Nunan, D. (Eds.), The Cambridge Guide To Teaching English to Speakers of Other Languages. Cambridge University Press.

Shak, P., Lee, C.S., & Stephen, J. (2016). Pronunciation problems: A case study on English pronunciation errors of low proficient students. International Journal of Language Education and Applied Linguistics (IJLEAL), 4, 25-35. http://ijleal.ump.edu.my/

Downloads

Published

2023-07-22