Peningkatan Menulis Kreatif Sastra Siswa SD Berbasis Kearifan Lokal dengan Metode Tri-N

Authors

  • Widowati Widowati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Die Bhakti Wardoyo Putro Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Desy Rufaidah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Vito Vito Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Wina Armelia Putri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v3i1.23758

Keywords:

siswa SD, menulis sastra, kearifan lokal, Tri-N

Abstract

Pembelajaran di sekolah pada masa new normal ini masih menyisakan tantangan tersendiri bagi sekolah dan para siswa. Hal ini masih dirasakan salah satunya oleh siswa-siswa SD kelas VI di SDN Pengkok-Gunungkidul. Para siswa masih kesulitan untuk menulis karya sastra dengan kreatif. Tujuan PkM ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas menulis sastra siswa SD berbasis kearifan lokal dengan metode Tri-N.  Kegiatan PkM dilakukan dengan model ceramah dan Tri-N, bertanya jawab, dan unjuk kerja. Lokasi PkM ini bertempat di SD Negeri Pengkok, Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Waktu kegiatna dilaksankaan pada Senin, 7 Februasi 2022. Peserta PkM sebanyak 15 anak kelas VI SD. Kegiatan PkM dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan ini dilakukan secara tim antara dosen pembantu lapangan (DPL), dosen, dan mahasiswa. Hasil yang tercapai dalam kegiatan ini yaitu; siswa mampu membuat karya sastra berbasis kearifan lokal dengan mengimplementasikan ajaran Tamansiswa (Tri-N).

References

Leuwol, N. V., P. W., B. P., I. M., N, B. D., Efendi, M. Y., . . . Sari, I. N. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi: Sebuah Konsep, Fakta dan Gagasan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Muhsin, H. d. (2021). Kampus Merdeka Di Era New Normal. Sebuah Bunga Rampai Dosen: Bintang Visiting Publisher.

Putro, D. D. (2021). Pembuatan Hasil Karya Tempat Pensil dengan Niteni, Nirokke, dan Nambahi (Tri-N) Berdasarkan Prosedur Kegiatan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2021, 1, hal. 118-122. Diambil kembali dari https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/ppm-ust/article/view/11242/4444

Rahayu, S. R. (2019). Penerapan Tri-N dalam Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP Kelas VIII Kurikulum 2013. Silampari Bisa J. Penelit. Pendidik. Bhs. Indones. Drh. Dan Asing 2, 173-184. doi:Rahayu, S., Rochmiyati, S., 2019. Penerapan Tri-N dalam Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP Kelas VIII Kurikulum 2013. Silampari Bisa https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i2.5

Rochmiyati, S. &. (2019). The Application of Tri-N in Genre-Based Indonesian Textbook for Junior High School. The 1st International Conference on Technology, Education and Sciences (InCOTES) - UST . Diambil kembali dari http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/incotes/article/view/5922

Wijayanto, A. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. OSF Preprints. doi:https://doi.org/10.31219/osf.io/yshk6

Downloads

Published

2023-07-22