Pelatihan dan Pendampingan Debat Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa

Authors

  • Ahmad Wael Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Kris Uluelang Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hasanudin Hasanudin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rizal Akib Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rezkiah Hartanti Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v3i1.24248

Keywords:

debat, bahasa Inggris, pelatihan dan pendampingan

Abstract

Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan ini dilakukan untuk memberikan pembinanan dalam kontes debat Bahasa Inggris dan pengembangan kemampuan berbicara Bahasa Inggris bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong. Tahapan-tahapan dalam kegiatan ini adalah 1). Planning atau perencanaan, 2) Pelaksanaan yaitu sosialisasikan tentang Teknik debat Bahasa Inggris yang mengadopsi British Parliamentary System. 3). Evaluasi yaitu dengan membuat kelompok yang terdiri dari Government and Opposition kemudian melakukan simulasi debat yang membahas tentang topik yang telah disiapkan. Metode dalam kegiatan ini adalah memberikan pendampingan yang dilakukan oleh para isntruktur. Berdasarkan hasil pengamatan dan evaluasi, peserta termotivasi dan mulai percaya diri menggunakan Bahasa Inggris selama pelatihan dan pendampingan debat. Selama proses pendampingan dan pelatihan, ada kendala yang dihadapi peserta yaitu kurangannya vocabular atau kosa kata. Kegiatan ini dilakukan untuk dapat mempersiapkan peserta debat Bahasa Inggris National University Debating Championship (NUDC) tingkat regional maupun tingkat nasional. 

References

Andrew E, S. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga.

Bouzar, S. (2019). Issues in Teaching Speaking to EFL Learners. Education and Linguistics Research, 5(1), 70–79. https://doi.org/10.5296/elr.v5i1.14705

Brown, Z. (2015). The Use of In-Class Debates as A Teaching Strategy in Increasing Students’ Critical Thinking and Collaborative Learning Skills in Higher Education. Educational Futures, 7(1), 39-55. http://hdl.handle.net/2436/621883

Dananjaya, U. (2011). Media Pembelajaran Aktif. Nuansa.

Hotmaria. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Pada Materi Pengandaian Diikuti Perintah/Saran Menggunakan Strategi Pembelajaran Three Step Interview. Journal of Education Action Research, 5(1), 1-9.

Mahmoudi, S., & Mahmoudi, A. (2015). Internal and External Factors Affecting Learning English as a Foreign. International Journal of Language and Linguistics, 3(5), 313– 322. https://doi.org/10.11648/j.ijll.20150305.16

Musaddat, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Universitas Mataram

Nurcahyo, R. (2012). Panduan Debat Bahasa Indonesia. UIN Jakarta.

Nurfitriah, Asy’ari, M. A., Adriyati, R., & Suwaji. (2019). Pelatihan Debat dalam Bahasa Inggris untuk Siswa SMA PGRI 6 Banjarmasin. Jurnal Impact: Implementation and Action. 1(2), 146-151.

Payne, A.I. (1986). The Ecology of Tropical Lakes and Rivers. John Wiley & Sons.

Rahayu, Y., & Astutie, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri I Kota Blitar Melalui Games (Kalender). Jurnal Pendidikan, 2(1), 45–56.

Rossydi, A. (2019). Penggunaan Debat Bahasa Inggris Untuk English as a Foreign

Language Students dalam Pengajaran Speaking. Airman: Jurnal Teknik dan

Keselamatan Transportasi, 2(2), 209-222.

Sholikhah, M., Syahab, F., & Eriyanti, R. N. (2022). Pelatihan Debate Model Parlemen Inggris Berbasis Online untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berargumentasi Mahasiswa. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 55-66.

Wael, A., Asnur, M. N. A., & Ibrahim, I. (2018). Exploring Students' Learning Strategies in Speaking Performance. International Journal of Language Education, 2(1), 65-71.

Wael, A., Saputra, D., & Setyawati, E. (2019). Enhancing Students’ Oral Communication By Using Communicative Language Teaching (CLT). Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(1), 38-49.

Downloads

Published

2023-07-22