Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD Negeri Mekarwangi melalui Metode Mind Mapping

Authors

  • Linda Meylinda Universitas Pamulang
  • Rossy Halimatun Rosyidah Universitas Pamulang
  • Ridha Ikhva Erviana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v3i1.25159

Keywords:

kosa kata, mind mapping, penguasaan

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu dengan  menginterpretasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk dibagikan kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan setiap enam bulan sekali dengan melibatkan tim dosen dan mahasiswa. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berlokasi di SD Negeri Mekarwangi, Jl. Kamboja RT 05/1, Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung Kabupaten Bogor, dengan tema “Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris untuk Murid Sekolah Dasar melalui Mind Mapping di SD Negeri Mekarwangiâ€. Terdapat 20 siswa Sekolah Dasar sebagai peserta kegiatan. Pembelajaran dilakukan dengan dua tahap. Pertama, tahap pemberian materi yang dijelaskan oleh mahasiswa atas arahan dosen. Kemudian, tahap kedua adalah siswa-siswa tersebut diberikan arahan untuk melakukan tugas mandiri membuat mind mapping. Hasil kegiatan menunjukan bahwa melalui metode mind mapping, minat siwa dalam mempelajari kosa kata Bahasa Inggris meningkat dan mereka lebih terlibat dalam proses pembelajaran.

 

Author Biography

Linda Meylinda, Universitas Pamulang

English Department

References

Ahmad, A. (2021). Pengertian mind mapping: Manfaat, jenis, teori dan langkah membuatnya. https://www.gramedia.com/best-seller/pengertian-mind-mapping/

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Basri, B. (2014). Metodologi penelitian sejarah. Restu Agung.

Buzan, T. (2008). Mind map untuk anak. Gramedia Pustaka Utama.

Cameron, L. (2001). Teaching languages to young learners. Cambridge University Press.

Linse, C. (2005). Practical English language teaching: Young learners. McGraw-Hill.

Mardianawati, L. (2012). Vocabulary teaching strategies used by teacher of junior high school. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto). https://repository.ump.ac.id

Riyanto, S. (2008). The first things first English vocabulary. Pustaka.

Thornbury, S. (2002). How to teach vocabulary. Pearson Education.

Yamin, M. (2017). Metode pembelajaran bahasa Inggris di tingkat dasar. Jurnal Pesona Dasar. 1(5), 82-97. https://www.academia.edu

Downloads

Published

2023-07-22