Meningkatkan Nilai Spiritual Siswa melalui Interpretasi Puisi pada Siswa SMP SAQUIN

Authors

  • Al Khansa Nova Misbahillah Universitas Pamulang
  • Linda Meylinda Universitas Pamulang
  • Shandi Noris Universitas Pamulang
  • Yani Octafia Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v3i1.25193

Keywords:

interpretasi puisi, nilai spiritual, PkM, strategi think-pair-share

Abstract

Judul PkM ini adalah “Meningkatkan Nilai Spiritual Siswa Melalui Interpretasi Puisi pada Siswa SMP SAQUINâ€. Tujuan PkM ini adalah meningkatkan nilai-nilai spiritual, daya berfikir kritis, dan keterampilan komunikasi berbahasa Inggris peserta didik mereka. Tim PkM Universitas Pamulang yang terdiri dari 4 dosen dan 5 mahasiswa telah melakukan investigasi untuk menganalisis permasalahan dan melakukan kajian pustaka. Hasil dari kajian pustaka menuntun tim PkM untuk menerapkan strategi think-pair-share (TPS) dengan menggunakan puisi berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Puisi tersebut memuat nilai-nilai spiritual. Isi dari puisi tersebut dipandang sebagai sebuah design pembelajaran bahasa Inggris yang efektif untuk peserta. Hasil kegiatan PkM menunjukkan bahwa memadukan metode TPS dan media puisi berbahasa Inggris yang memuat nilai-nilai spiritual dapat membantu peserta didik untuk memahami makna dari isi puisi berbahasa Inggris sehingga keterampilan berbahasa Inggris dan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai spiritual meningkat. Peningkatan keterampilan Bahasa Inggris siswa meliputi kemampuan berbicara, menulis, mendengar, dan membaca. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa peserta didik mendapat tiga manfaat yaitu, kemampuan berpikir kritis, peningkatan pemahaman nilai-nilai spiritual, dan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris. Dengan memiliki tiga keuntungan ini, siswa dapat merasa percaya diri dan hal inilah yang akan meningkatkan minat belajar siswa terhadap Bahasa Inggris.

References

Bamiro, A. O. (2015). Effects of Guided Discovery and Think-Pair-Share Strategies on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry. Sage Journals, 5(1), 1-7. https//doi:10.1177/2158244014564754

Buchari, A. (2009). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil. Alfabeta.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Indeks.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Definisi Literasi. Diakses pada 15 Juli 2021. https://kbbi.kemd ikbud.go.id/entri/literasi

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Definisi Puisi. Diakses pada 15 Juli 2021. https://kbbi.kemd ikbud.go.id/entri/puisi

Kwok, A., & Lau, A. C. (2015). An Exploratory Study on Using the Think-Pair-Share Cooperative Learning Strategy. Journal of Mathematical Sciences 1(2), 22–28.

McDowell, R. (2008). Poetry as Spriritual Practice; Reading, Writing and Using Poetry in Your Daily Rituals, Aspirartion, and Intenstions. Free Press.

Soimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-07-22