Penguatan Literasi Membaca Pelajar Pangandaran: Lomba Resensi Buku dan Program RBBT-OTR
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v3i1.25325Keywords:
komunitas, literasi, lomba, membaca, PangandaranAbstract
Tingkat literasi membaca masyarakat Indonesia diketahui masih sangat rendah bahkan menurut studi di tahun 2016 Indonesia menempati urutan 60 dari 61 negara dalam literasi membaca. Hal ini memberikan urgensi yang mendesak bagi pemerintah untuk melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan literasi membaca. Komunitas @baca.pnd sebagai salah satu bentuk pengabdian pada masyarakat untuk menggalangkan kegiatan membaca buku yang digagas oleh dosen di Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Padjadjaran mengadakan kegiatan lomba resensi buku dan Reading Buddy & Book Talk on the Road (RBBT-OTR). Kegiatan lomba resensi buku dilakukan secara daring dan terbuka untuk umum dengan waktu penyelenggaraan kurang lebih satu bulan yaitu Mei-Juni 2022. Sementara itu, kegiatan RBBT-OTR yang dilaksanakan secara offline dilakukan pada bulan Oktober 2022. Kegiatan ini bersifat umum. Kegiatan lomba resensi buku diikuti oleh tujuh peserta dan menghasilkan tiga orang pemenang. Kegiatan RBBT-OTR yang telah dilaksanakan sebanyak tiga kali di Bulan Oktober diikuti oleh beragam lapisan masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa dan warga setempat. Hadirnya komunitas @baca.pnd di Kabupaten Pangandaran yang secara konsisten menyelenggarakan kegiatan offline maupun online dalam menggalangkan literasi membaca diharapkan menjadi stimulus untuk meningkatkan minat baca warga setempat.
References
Abubakar, R. R. T., Sudrajat, A. S., Maulana, R. R., & Taufik, N. I. (2021). Penyusunan Regulasi Tentang Penyelenggaraan Perpustakaan Dalam Upaya Menumbuhkan Budaya Gemar Membaca Masyarakat Pangandaran. SeTIA Mengabdi, 2(1), 13–19. https://setiamengabdi.stialanbandung.ac.id/index.php/stiamengabdi/article/view/16
Dewayani, S. (2018). Seri Manual GLS: Membaca Untuk Kesenangan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ghofur, A., & Rachma, E. A. (2019). Pemanfaatan Media Digital Terhadap Indeks Minat Baca Masyarakat Kabupaten Lamongan. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 4(2), 85–92. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5524
Hamzah, M., & Sofyan, A. (2015). Meningkatkan Motivasi Membaca. Iqra’, 09(02), 1–11.
Kiasati, A. I., & Heriyanto, H. (2022). Pengaruh layanan kotak literasi cerdas terhadap minat baca masyarakat di Pangandaran. Daluang: Journal of Library and Information Science, 2(1), 13–30. https://doi.org/10.21580/daluang.v2i1.2022.10055
Masrina, D., Thirafi, L., & Permana, R. (2022). Upaya Peningkatan Minat Baca Pelajar Pangandaran dengan Pembiasaan Membaca Bersama secara Virtual. Acitya Bhakti, 2(2), 173–183.
McCully, W., Lampe, C., Sarkar, C., Velasquez, A., & Sreevinasan, A. (2011). Online and offline interactions in online communities. WikiSym 2011 Conference Proceedings - 7th Annual International Symposium on Wikis and Open Collaboration, January 2014, 39–48. https://doi.org/10.1145/2038558.2038566
Momuat, W. K. P., Boham, A., & Runtuwene, A. (2021). Peran Komunitas Literasi dalam Mendukung Minat Baca Generasi Milenial di Rumah Baca Cafe Kota Kotamobagu. Acta Diurna Komunikasi, 3(4), 1–9.
Rachmawati, T. S., Winoto, Y., & Rohman, A. S. (2018). Study on Mapping of Information Literature Culture in South Coastal Communities West Java Province. Record and Library Journal, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.20473/rlj.v4-i1.2018.1-7
Schiefele, U., & Löweke, S. (2018). The Nature, Development, and Effects of Elementary Students’ Reading Motivation Profiles. Reading Research Quarterly, 53(4), 405–421. https://doi.org/10.1002/rrq.201
Schiefele, U., Schaffner, E., Möller, J., Wigfield, A., Nolen, S., & Baker, L. (2012). Dimensions of reading motivation and their relation to reading behavior and competence. Reading Research Quarterly, 47(4), 427–463. https://doi.org/10.1002/RRQ.030
Sessions, L. F. (2010). How offline gatherings affect online communities: When virtual community members “meetup.†Information Communication and Society, 13(3), 375–395. https://doi.org/10.1080/13691180903468954