Pemanfaatan Lagu untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kata Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v3i2.28161Keywords:
lagu, pendidikan, perbendaharaan kataAbstract
Perbendaharaan kata bahasa Inggris adalah aspek penting untuk menunjang pemahaman bahasa Inggris para peserta didik. Kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan perbendaharaan kata bahasa Inggris di SD N 1 Daru, Tangerang. Kegiatan PMkM menggunakan metode pembelajaran fun-learning yaitu memberikan kosakata melalui lagu yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Lagu yang digunakan adalah twinkle-twinkle little star, Old MacDonald Had Farm, dan Fruit Song. Tidak hanya berpatokan pada lirik lagu yang disediakan melainkan juga mengembangkan tema masing-masing lagu untuk lebih memperkaya perbendaharaan kata. Proses evaluasi yang dilakukan guna mengetahui hasil pemahaman para siswa dengan melakukan pengamatan pada respons siswa dan latihan menuliskan kosakata terkait materi yang telah diberikan. Setelah pengamatan respons siswa, hasil pekerjaan di koreksi dan dilakukan pengumpulan data, ditemukan bahwa mayoritas siswa telah berhasil mencapai keberhasilan tolok ukur kegiatan pengabdian. Kegiatan PMkM ini diharapkan dijadikan acuan oleh pihak mitra untuk berinovasi mengembangkan metode pembelajaran sesuai kebutuhan zaman.
References
Amini, A., Valizadeh, S., & Mohammadi, B. (2002). Survey of effective factors on learning motivation of clinical students and suggesting the appropriate methods for reinforcement the learning motivation from the viewpoints of nursing and midwifery faculty. Iranian Journal of Medical Tabriz University of Medical Sciences, 2, 10–11.
Brown, H.D. (2001). Teaching by principles an interactive approach to language pedagogy. San Francisco State University.
Carter, R, & Mc Carthy, M. (2014). Vocabulary and language teaching. Routledge.
Ilmi, F, Respati, R, & Nugraha, A. (2021). Manfaat lagu anak dalam meningkatkan minat belajar peserta didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 675-683.
Khozaei, S. A., Zare, N. V., Moonaghi, H. K., Sadeghi, T., & Mahdizadeh, S. M. (2022). Effects of quantum-learning and conventional teaching methods on learning achievement, motivation to learn, and retention among nursing students during critical care nursing education. Smart Learning Environments, 9(1), 1-11. https://doi.org/10.1186/s40561-022-00198-7
Millington, N. T., (2011). Using songs effectively to teach english to young learners. Language Education in Asia, 2(1), 134-141. http://dx.doi.org/10.5746/LEiA/11/V2/I1/A11/Millington.
Novianti, Y. (2020). Meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris melalui penggunaan media kartu gambar pada siswa kelas VII smpn 1 muara bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 551-556.
Roffiq, A, Qiram, I, & Rubiono, G. (2017). Media musik dan lagu pada proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 35-40.
Simatupang, G, E., Sinambela, R., Manurung, A, O, P., Anggraini, D, F., Purba, T, M., Herman, H., Saragih, S. T., Hasibuan, R., Siahaan., S, H. (2023). Meningkatkan kosakata bahasa inggris melalui lagu bahasa inggris di kelas 4 sd swasta gkps 2 pematang siantar. Beru’-beru’, 2(1), 16-25.