Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris melalui Alam Sekitar untuk Siswa SD Negeri 16 Percontohan Panyabungan

Authors

  • Sartika Dewi Harahap Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Syamsiah Depalina Siregar Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Rica Umrina Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Sri Wahyuni Hasibuan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v3i2.29994

Keywords:

alam sekitar, anak sekolah dasar, kosa kata bahasa Inggris

Abstract

Periode emas yang ada pada anak ditingkat sekolah dasar menjadi salah satu faktor dari keberhasilan penguasaan sebuah bahasa. Seperti halnya bahasa Indonesia dan bahasa daerah, bahasa Inggris dapat membaur bersama dalam pembelajaran anak diiringi dengan metode yang tepat. Berkenalan dengan alam sekaligus bahasa mampu memberi ruang konkret agar lebih mampu melekatkan kosa kata bahasa Inggris pada ingatan anak ditingkat sekolah dasar. Metode berbaur dengan alam sekitar, menyentuh benda-benda yang ada, berdiskusi disuasana alam serta menjadikan alam sekitar sebagai materi pembelajaran. Tujuan dari pengabdian kepada masayarakat ini adalah untuk memberikan ruang penguasaan kosa kata bahasa inggris di SD Negeri 16 Percontohan Panyabungan lebih dekat dan bebas. Kegiatan luar kelas yang mampu menambah kesegaran dalam belajar menjadi faktor pendukung proses penerapan dan pengaplikasiannya. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dihalaman sekolah dengan membawa 41 siswa dari dua kelas langsung berbaur kepada alam sekitar. Hasil dari kegiatan tersebut memperlihatkan bahwa siswa dengan mudah mengenali setiap benda yang ada disekitar sekolah mereka dan mampu menyebutkan bahasa Inggrisnya. 

Author Biography

Sartika Dewi Harahap, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal

Hello, My name is Sartika Dewi Harahap,M.Hum, I am a lucturer in STAIN Mandailing Natal special at English Education Department. I do like writing and making a social community service

References

Arifin, E. Z. (2006). Cermat Berbahasa Indonesia. Akademika Presindo.

Kusmaryati, S. E., Utomo, S., & Sulistyowati, T. (2019). Pendampingan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Bagi Siswa SD 2 Panjang Kudus dengan Permainan Guessing Games. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.24176/mjlm.v1i1.3112

Meirawati, D. K. dkk. (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS TASK-BASED ACTIVITY UNTUK GURU DAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE KECAMATAN TEMBUKU. Proceeding Senadimas Undiksha 2022.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 62–71.

Susanti, R. (2019). Penguasaan Kosa Kata Dan Kemampuan Membaca Bahasa. Academia, 01, 87–93.

Salinitas, P., Berbeda, Y., Salinity, A. T. D., Ikan, T., Jagung, T., Dan, D. H., Niode, A. R., Irdja, A. M., Dipelihara, Y., Happa, D., Imbangan, P., Dan, P., Pakan, E., Rohma, A., Arief, M., Soedjiwo, N. ade fredyarini, Santia, I., Rizki, A., Purbomartono, C., … Mada, U. G. (2019). Dosen STAI Denpasar Bali. 1. Jurnal Moderat, 2(1), 1–11. http://juliwi.com/published/E0101/Paper0101_39-45.pdf

Susanti, D. I. (2011). Peranan Bahasa Indonesia Di Tengah Maraknya Penggunaan Bahasa Asing. Deiksis, 3(4), 365–378.

Downloads

Published

2023-08-01