Pelatihan Vocabulary yang ada di Ruang Publik Bagi Guru SLB PGRI Cisaat

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v3i2.30091

Keywords:

ruang publik, guru SLB, kosa kata

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan kosa kata yang ada pada ruang publik yang biasanya dituangkan dalam bentuk sign/signage bagi siswa-siswi dengan kebutuhan khusus di Yayasan SLB PGRI Cisaat.  Penggunaan sign/signage di tempat umum kini banyak sekali yang menggunakan kosa kata berbahasa Inggris, sedangkan, pembelajaran Bahasa Inggris yang ada di SLB PGRI Cisaat dari tingkat SD, SMP, hingga SMA masih berpusat pada pengenalan warna, angka, huruf, maupun nama-nama binatang, dan belum menyadari akan pentingnya mengenal sign/signage untuk menunjang mobilisasi kehidupan keseharian.  Kegiatan PkM ini berpusat pada pelatihan untuk para guru dengan tujuan agar para pengajar memiliki pengetahuan baru mengenai sign/signage yang ada di ruang publik yang selanjutnya bisa disampaikan kepada para siswa-siswi SLB PGRI Cisaat dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Metode penyampaian menggunakan metode problem-based learning melalui pertemuan daring dengan para guru SLB PGRI Cisaat. Kegiatan inti dimulai dengan pre-test sebelum penyampaian materi pelatihan pengajaran, dan diakhiri dengan post-test menggunakan flash card. Hasil dari kegiatan PkM ini menunjukkan bahwa nilai guru-guru pada post-test meningkat jauh dibandingkan dengan pre-test, membuktikan bahwa pelatihan ini berhasil membuat para guru mengenal dan memahami makna dan fungsi dari kosa kata yang disertai maupun yang tidak disertai gambar yang ada di ruang publik.

References

Aedi, N. (2016). Manajemen Kurikulum Sekolah. Gosyen Publishing.

Akindele, D. (2011). Linguistic Landscapes as Public Communication: A Study of Public Signage in Gaborone Bostwana. Macrothink Institute, 3(1), 1-11. https://doi:10.5296/ijl.v3i1.1157

Asher, J. (1968). Total physical response method for second language learning. San Jose State College.

Astutik, Y. & Aulina, C. N. (2017). Metode total physical response (TPR) pada pengajaran Bahasa Inggris siswa taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(2), 196-207.

English First. (2022). EF Epi 2022 – EF English proficiency index. https://www.ef.com/wwen/epi/

Ethnologue. (2022). What is the most spoken language?. Ethnologue. https://www.ethnologue.com/insights/most-spoken-language/

Gandhawangi, S. (2023, February 3). Belum Semua Penyandang Disabilitas Tedata. Kompas. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/02/02/belum-semua-penyandang-disabilitas-terdata

Mailani, O., Nuraeni, I. ., Syakila, S. A. ., & Lazuardi, J. . (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Thohari, S. (2014). Pandangan Disabilitas dan Aksesibilitas Fasilitas Publik bagi Penyandang Disabilitas di Kota Malang. Indonesian Journal of Disability Studies, 1 (1), 27-37.

Downloads

Published

2023-08-01