Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Nur Laili Indasari Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik
  • Siti Amaliati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri Gresik

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v3i2.30190

Keywords:

sekolah dasar, strategi pembelajaran, motivasi

Abstract

Pada waktu sekarang ini, siswa di Sekolah Dasar diharapkan memiliki kemampuan yang bagus dalam bahasa Inggris. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena bahasa sehari-hari mereka bukanlah bahasa Inggris. Di sekolah, mereka hanya mendapatkan dua jam untuk mata pelajaran bahasa Inggris sementara mereka dituntut mampu mengerjakan ujian, lembar kerja, dan menguasai banyak kosakata. Kurangnya waktu dan kelemahan siswa pada kemampuan bahasa Inggris menjadi pertimbangan kami untuk melakukan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan memberikan pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan motivasi, pemahaman, dan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya pada kemampuan berbicara melalui berbagai macam strategi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pembelajaran secara gratis dengan kegiatan yang menyenangkan dan menarik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para siswa antusias dalam pembelajaran. Mereka termotivasi untuk belajar bahasa Inggris. Kemampuan mereka dalam memahami materi meningkat. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan mereka dalam merespon pertanyaan dan melakukan percakapan dalam bahasa Inggris.

Author Biography

Nur Laili Indasari, Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik

I am an English lecturer at a higher education school

References

Behbahani, A. R. (2015). Vocabulary learning strategies: What language teachers must help students to learn. TESOL Newsletters. 1(1). http://www.tesolkuwait.org/newsletters.html

Filgona, Jacob., Sakiyo, J., Gwany, D.M., & Okoronka, A, U. (2020). Motivation in learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16-37.

Jaya. (2017). Increasing students’ vocabulary by using song lyric at the second grade of SMP Negeri 3 Tolitoli. Journal Madako Education, 5(6), 201-208.

May, M & Warr, S. (2011). Teaching creative arts & media 14+. Open University Press.

Megawati, F., Mandarani, V. (2016, Agustus 30). Speaking problems in English communication. [Paper Presentation]. The First ELTiC Conference. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah.

Mustadi, Ali, et al. (2021). Strategi pembelajaran keterampilan berbahasa dan bersastra yang efektif di sekolah dasar. UNY Press.

Pratama, Erik Yuda & Awaliyah, Yani. (2015). Teachers’ strategies in teaching speaking to young learners. Electronic journals of UIKA Bogor, 19-31.

Putri, et al. (2022). Pengabdian masyarakat meningkatkan motivasi belajar bahasa inggris anak-anak desa Gunung Raja di masa pandemi covid 19. Jurnal Griya Cendikia, 7(1), 22-28.

Richards, Jack C. & Rodgers, Theodore, S. (2001). Approaches and methods in language teaching (2nd ed.). Cambridge University Press.

Roby, M & Zhichang Xu. (2019). English As a Lingua Franca. The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching, First Edition. John Wiley & Sons, http://DOI: 10.1002/9781118784235.eelt066

Safitri, H., Al-Baroroh, A. Antika, R., & Astuti, P. (2022). Pembelajaran kosakata bahasa inggris pada anak usia dini dengan variasi. Acitya Bhakti, 2(2), 128-137.

Sari, A., Wirhayati, Sumartini, T., & Rosyidah, R. H. (2021). Peningkatan kemampuan menyimak melalui kalimat perintah bahasa inggris sehari-hari dengan metode TPR. Acitya Bhakti, 1(2), 91-103.

Susini, Made & Ndruru Evirius. (2021). Strategi Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Linguistic Community Service Journal 1 (2), P-ISSN: 2746-7031│ E-ISSN: 2746-7023 https://www.ejournal.warmadewa.ac.id

Turda, Sebastian Emanuel., Ferent, Paula, & Claudia, Crisan. (2021). The impact of teacher’s feedback in increasing student’s self-efficacy and motivation. The European Proceedings of Social and Behavioral Sciences, 508-519.

Wahidah, Salam, Abdul., & Suyidno. (2019). Pengajaran langsung, strategi motivasi arcs, metode pemecahan masalah, dan hasil belajar. Jurnal Vidya Karya, 34(2), 110-121.

Yunita & Muharromah, I. A. (2022). Peningkatan kemampuan berbicara bahasa inggris melalui lagu di sekolah dasar rumah Peduli Yayasan Hijau Pasar Minggu. Acitya Bhakti, 2(1), 25-32.

Downloads

Published

2023-08-01