Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Komunikasi Bahasa Inggris Siswa Melalui Proyek Pembuatan Video

Authors

  • Joko Prayudha Suparman Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v3i2.30308

Keywords:

kemampuan kolaborasi, Bahasa Inggris, proyek pembuatan video

Abstract

Pelatihan pembelajaran bahasa Inggris kepada anak-anak didesa Taba Anyar merupakan salah satu kegiatan pengabdian mandiri yang dilaksanakan untuk dapat memberikan manfaat dalam bidang pendidikan. Pelatihan Bahasa Inggris ini merupakan bentuk tanggung jawab sebagai pemuda desa dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh generasi muda guna dapat menjadi manusia yang lebih baik dalam memahami bahasa asing. Tujuan pelatihan pengembangan kemampuan kolaborasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris merupakan salah satu cara untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerjasama menghadapi permasalahan dalam belajar Bahasa Inggris guna dapat meningkatkan kemampuan berbahasa asingnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan memberikan penugasan kepada siswa untuk membuat project pembuatan video Bahasa Inggris mengenai topik-topik pembelajaran yang menyenangkan agar dapat mengembangkan kemampuan kolaborasi. Siswa diminta untuk dapat membuat dan menghasilkan video pembelajaran Bahasa Inggris sehingga bukan hanya dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris namun juga dapat mengembangkan komepetensi kolaborasi dalam belajar. Hasil kegiatan pelatihan ini menunjukan bahwa siswa sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan Bahasa Inggris melalui pembuatan video sehingga perlu bagi guru untuk dapat mendukung dan memotivasi siswa lebih baik lagi dalam membuat sebuah produk berupa video Bahasa Inggris menjadi lebih baik lagi.  

References

Gusta, W., Christina, D., & Zakirman, Z. (2020). Improved student collaboration skills on English learning using jigsaw models. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 9, 3.

Lin, T. J., Kraatz, E., Ha, S. Y., Hsieh, M. Y., Glassman, M., Nagpal, M., Sallade, R., & Shin, S. (2022). Shaping classroom social experiences through collaborative small-group discussions. British Journal of Educational Psychology, 92(1), 131–154. https://doi.org/10.1111/bjep.12442

Penggabean, M. S. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prayudha., J., S. &, & Solihah, N. M. (2023). The small group discussion to improve English communication skills. Proceeding International Conference on Religion, Science and Education, 835–839.

Prayudha.S, J. (2022). Pelatihan berbahasa Inggris bagi anak-anak di desa Taba Anyar kabupaten Lebong. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 2(1), 47–51. https://doi.org/10.33369/icomes.v2i1.21487

Prayudha S., J. (2021). Video based learning as a media for teaching English during pandemic covid-19. Journal of Language Intelligence and Culture, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.35719/jlic.v2i1.53

Prayudha, S. (2022). High school English teacher online teaching in rural place: Practices and strategies. Jurnal of English Development Vol, 2(02), 10–20.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Williams, A. T., & Svensson, M. (2020). Student teachers’ collaborative learning of science in small-group discussions. Scandinavian Journal of Educational Research, 1–14. https://doi.org/10.1080/00313831.2020.1788141

Downloads

Published

2023-08-01