Pemahaman Aksara Jepang Dasar melalui Shoudo
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v3i2.30319Keywords:
kanji, kelompok, presentasi, shodouAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat di sekolah ini bermula dari banyaknya acara-acara kejepangan di sekolah-sekolah. Acara tersebut mengangkat budaya Jepang seperti anime, cosplay, film Jepang, dan masakan Jepang. Dari kondisi tersebut terlihat bahwa keingintahuan tentang budaya Jepang disekitar kampus sangat besar. Ditambah lagi dengan meningkatnya industri Jepang di sekitar wilayah Bekasi, seiring dengan meningkatnya penjualan makanan bernuansa kejepangan. Untuk mengakomodir kondisi tersebut diadakanlah pengabdian penulisan huruf Jepang melalui shoudo atau kaligrafi Jepang. Dengan kegiatan ini diharapkan para siswa yang mempunyai keingintahuan untuk belajar Jepang, mempunyai pijakan yang kuat dengan menguasai huruf-huruf Jepang. Dalam mempelajari bahasa Jepang, huruf mempunyai peranan penting. Huruf-huruf bahasa Jepang adalah hiragana, katakana dan kanji. Kesemua huruf tersebut wajib dikuasai dalam mempelajari bahasa Jepang. Dalam shodou huruf-huruf tersebut dipakai untuk mengekspresikan keindahan aksara Jepang. Kata-kata seperti gunung・ yama山, air・ mizu 水, dan tanah ・tsuchi 土merupakan bentuk-bentuk kanji sederhana yang dipergunakan dalam PkM ini. Siswa-siswi yang mengikuti PkM ini berjumlah 30 orang dibagi menjadi 6 kelompok. Hasil dari penulisan aksara Jepang, dipresentasikan di depan kelas, memaparkan kesulitan dalam penulisan melalui shoudou. Antusias mereka terlihat ketika pembelajaran berlangsung huruf-huruf yang mereka tulis, ditulis berulang-ulang sampai mereka benar-benar mengetahui dengan baik.
References
Creswell, J. (2012). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (terj.). Pustaka Pelajar Yogya
Danasasmita, W. (2002). Masalah-masalah Pendidikan Bahasa Jepang di Indonesia. Risqi Press
Elizabert E. Barkley., K. Patricia Cross., & Clarie Howell Major. (2014). Collaborative Learning Techniques. Nusa Media.
Ishida, T. (1995). Nihongo Kyoujuhou. Taishuukan Shoten.
Karyati, Alo & Rahmawati, Yelni. (2021). Pembelajaran Kanji Menggunakan Metode Flipped Classroom dengan Media Online “Tanoshiijapanese.com†dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Chie.
Matsuura, K. (1994). Kamus Bahasa Jepang-Indonesia. Kyoto Sangyo University Press
Oliver, R. (2019). Belajar Sendiri Kosakata, Kanji, dan Tata Bahasa Jepang. Gramedia.
Oliver, R. (2022). Belajar Sendiri Tata Bahasa Jepang Level 4 JLPT. Deepublish.
Sudjianto, S. & Dahidi, D. (2009). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Kesaint Blanc.
Sutedi, D. (2011). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. UPI Press dengan Humaniora Utama Press.
Takeda, R. (2022). Shodo. Watkins Media Limited.