`Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Pemuda Karang Taruna BPI V Tangerang Selatan

Authors

  • Varatisha Anjani Abdullah Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v3i2.30457

Keywords:

Karya Tulis Ilmiah, pelatihan, pemuda

Abstract

Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan tulisan yang menjelaskan sebuah fenomena berdasarkan fakta, berlandaskan teori dalam memecahkan persolan yang diangkat. Kegiatan pelatihan KTI dapat meningkatkan kompetensi penulisan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kompetensi menulis KTI Pemuda Karang Taruna RW 10 Bukit Pamulang Indah V Tangerang Selatan Banten. Kegiatan ini dilakuan secara virtual dengan mengundang anak muda di sekitar wilayah Bukit Pamulang Indah . Peserta secara aktif mengikuti pelatihan yang diselenggrakan oleh civitas akademika Institut Seni Indonesia Surakarta pada 17 Maret, 31 Maret dan 14 April 2023. Hasil dari kegiatan PkM ini memberikan simpulan bahwa pada dasranya memiliki kompetensi menulis yang baik. Hal ini terbukti dari proses diskusi dua arah yang aktif serta penyelesaian tugas yang diberikan. Harapan dari kegiatan PkM ini menigkatnya kompetensi penulisan KTI pada anak muda khususnya para peserta kegiatan PKM sehingga KTI  yang mereka buat dapat bermanfaat untuk perkembangan ilmu pengetahuan. 

References

Kemendikbudristek. 2023. Panduan Program Bantuan Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Kurikulum Pendidikan Tinggi Berbasis Proyek. Jakarta.

Lubis, M. S., Rahimah A., Lubis, J.S. (2019). Kesulitan-Kesulitas yang Dihadapi Oleh Mahasiswa yang Mengampuh Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Program Studi Bahasa Indonesia IPTS dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Jurnal Education and Development. Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 7(6), 193-199.

Saudah, S., & Sugihastuti. 2016. Buku Ajar Bahasa Indonesia Akademik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Downloads

Published

2023-08-01