Pendampingan Penyusunan dan Publikasi Jurnal Ilmiah Model Penelitian dan Pengabdian bagi Mahasiswa Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v4i1.35410Keywords:
jurnal penelitian, jurnal pengabdian, publikasi ilmiahAbstract
Lingkungan Perguruan Tinggi diwajibkan melakukan publikasi jurnal ilmiah guna peningkatan mutu kampus dan persyaratan meraih gelar sarjana. Namun mahasiswa masih kesulitan dalam penyusunan jurnal, baik jurnal penelitian dan jurnal pengabdian. Serta mahasiswa belum memahami rumah jurnal yang tepat untuk publikasi jurnal. Pengbdian kepada masyarakat ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan pengenalan, pemahaman, dan arahan penyusunan serta mengajak mitra untuk mampu melakukan penyusunan dan publikasi jurnal ilmiah dengan model jurnal penelitian maupun jurnal pengabdian. Kegiatan dengan paparan materi penyusunan jurnal ilmiah, dilanjutkan dengan diskusi bersama mitra, dan pendampingan bagi mitra menyusun dan pengarahan publikasi jurnal ilmiah. Pemaparan materi ini meningkatkan wawasan terkait jurnal ilmiah. Sementara pendampingan penyusunan memudahkan mahasiswa untuk melakukan praktik langsung dalam penyusunan serta memilih rumah jurnal untuk mempublikasi karya. Respon positif yang diberikan adalah 20 mitra menunjukkan keseriusan dalam mendengar materi, berdiskusi, serta menyusun jurnal. Serta ada penyebaran materi melalui media sosial. Hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan bahwa seluruh mitra setuju dengan kegiatan pengabdian ini serta membutuhkan kegiatan bertahap dan berkala. Dari hasil wawancara diketahui bahwa terdapat perubahan dan peningkatan pemahaman dan tindakan pada mitra terkait penyusunan dan publikasi jurnal ilmiah dengan jenis jurnal penelitian dan jurnal pengabdian. Kegiatan ini juga menghasilkan luaran naskah jurnal ilmiah.
References
Ariani, S. S. (2019). Persepsi Mahasiswa dalam Pengimplementasian Tri Daharma Perguruan Tinggi. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 3(1), 59–77. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3414/2511
Azis, A. D., Arafiq, & Zamzam, A. (2015). Introduksi Kaidah-Kaidah Penulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Abdi Insani Unram, 2(1), 57–61.
Busse, C., & August, E. (2021). How to Write and Publish a Research Paper for a Peer-Reviewed Journal. J Cancer Education, 36, 909–913. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s13187-020-01751-z
Butsi, F. I., & Nasution, A. (2017). Pelatihan tips dan trik submit artikel ilmiah di jurnal berbasis online. Amaliyah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 49–51.
Ekawati, D., Yuliawati, S., & Mawarrani, R. E. (2021). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru di Kelurahan Benteng Kota Sukabumi. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 10(1), 24–30. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v10i1.29675
Fitriana, A. D., Mutmainnah, I., & Halifah, S. (2021). Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Sesuai Bidang Keilmuan Sebagai Upaya Personal Branding Dosen. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 11, 195–217. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http
Intyaswati, D., Ayuningtyas, F., & Supratman. (2021). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Dan Proses Publikasinya. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 444–452. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i3.712
Rokhyanto, Purwati, T., & Ahmad, H. (2022). Pendampingan Menulis Kreatif untuk Publikasi Artikel Ilmiah di Jurnal Akademik (Covid 19 New Normal). Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 2(3), 242–252. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i3.205
Tanjung, R., & Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Yanti, G., Zainuri, & Megasari, S. W. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi E-Jurnal bagi Researcher Club. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 461–469. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i3.4107
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Jannah Lailatul Fitria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.