Meningkatkan Kecintaan dan Kesadaran Literasi bagi Siswa Sekolah Dasar Inpres (SDI) Ndeweng, Manggarai Barat, NTT melalui Permainan Pohon Literasi

Authors

  • Fransiska Widyawati Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng http://orcid.org/0000-0002-4248-4133
  • Yohanes Servatius Lon Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Agustina Naring Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Anjelina Suryani Nelci Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Maria Yofransia Coonai Sino Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Serlyanti Gardisela Eda Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v4i1.35599

Keywords:

literasi, SD, bahasa, membaca menulis

Abstract

Kesadaran dan kecerdasan berliterasi sangat penting bagi siswa sekolah dasar. Sayangnya banyak sekolah dan anak yang belum serius melaksanakan program literasi karena aneka keterbatasan mereka. Kendala keterbasan melaksanakan program literasi juga dialami oleh siswa-siswa di Sekolah Dasar Inpres Ndeweng di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Olehnya, tim Pengabdian kepada Masyarakat dari Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus melaksanakan kegiatan penyadaran literasi khususnya bagi siswa kelas. Metode yang dipilih adalah kegiatan penyadaran. Tekniknya dilakukan dengan permainan Pohon Literasi. Hasilnya, kegiatan telah terlaksana dengan baik. Hasil dan dampaknya juga memuaskan. Siswa dan guru puas dengan kegiatan dan terjadi perubahan minat dan kesadaran baru akan literasi. Siswa bersemangat untuk membaca, berdiskusi dan mempresentasikan beberapa karya tulis pendek mereka. Mereka juga menuliskan karya-karya seperti puisi, kata bijak atau ringkasan pada pohon literasi. Kesimpulannya kegiatan penyadaran literasi bermanfaat bagi peningkatan kesadaran dan kecerdasan berliterasi. Rekomendasinya adalah kegiatan ini perlu diprogramkan secara reguler dan berkelanjutan.

Author Biography

Fransiska Widyawati, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Dr. Fransiska Widyawati adalah dosen pada Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Dia adalah doktor lulusan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

References

Aditomo, A., & Faridz, N. F. (2019). Ketimpangan mutu dan akses pendidikan di Indonesia: Potret berdasarkan survei PISA 2015.

Budiyati. E. (2013). Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Krogowan, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014

Chan, F. (2017). Implementasi guru menggunakan metode permainan pada pelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 106-123. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6821

Chyalutfa, U., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 82-86. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1913

Inovasi, (2020). “The grand design for education and culture in NTT Province”. https://www.inovasi.or.id/en/the-grand-design-for-education-and-culture-in-ntt-province/

Karwono, H., & Susetyo, B. (2021). Peta Mutu Satuan Pendidikan di Indonesia (Studi Pilotting Project akreditasi 2020). Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 14(1), 1-10. https://doi.org/10.24832/jpkp.v14i1.434

Khaerawati, Zuyyina, Nurhasanah Nurhasanah, and Itsna Oktaviyanti. "Level Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi." Jurnal Educatio FKIP UNMA 9.2 (2023): 637-643. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4521

Laksita, A., & Mawardi, M. (2022). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8869-8878. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3906

Marina, Dwi, Luthfi Thirafi, Rega Permana & Nora Akbarsyah. (2023). Penguatan Literasi Membaca Pelajar Pangandaeran: Lomba Resensi Buku dan Program RBBT-OTR, Jurnal Ciya Bhakti. Vol. 3 No. 2023: 77-89 http://dx.doi.org/10.32493/acb.v3i1.25325

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus literasi abad 21 di indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107-126. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Nurhayati, S., & Winata, A. (2018). Pembelajaran dengan Media Pohon Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik Kelas I SDN Sidorejo I Tuban pada Tema Peristiwa Alam dan Subtema Bencana Alam. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 15-30.

Putri, I. I. M., & Ningsih, E. R. (2020). Realisasi Gerakan Literasi Digital Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di Sekolah Muhammadiyah Pangkalan Bun. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 87-99. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12836

Septirahmah, A. P., & Hilmawan, M. R. (2021). Faktor-Faktor Internal yang Mempengaruhi Kedisiplinan: Pembawaan, Kesadaran, Minat dan Motivasi, serta Pola Pikir. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 618-622. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.602

Susanto. E. (2009). 60 Games Untuk Mengajar, Membuka dan Menutup Pelajaran. Yogyakarta: Lambung Kita.

Ulfa, M., & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Berliterasi melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Pohon Literasi. Jurnal Basicedu, 5(6), 5204-5212. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1549

Zeman, A. (2001). Consciousness. Brain, Vol.124, No. 7, p.1263-1289

Downloads

Published

2024-03-07