Peningkatan Minat Membaca dan Public Speaking pada Siswa SDN 2 Ciliang Kabupaten Pangandaran

Authors

  • Luthfi Thirafi Universitas Padjadjaran
  • Dwi Masrina Universitas Padjadjaran
  • Nora Akbarsyah Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v4i1.36074

Keywords:

literasi membaca, public speaking, Pangandaran

Abstract

Kemampuan membaca, menulis, menyimak dan berbicara adalah hal penting dalam berbahasa. Sayangnya banyak generasi muda kehilangan minat akan membaca. Selain itu banyak wilayah pesisir yang mengalami kesulitan sarana dan prasarana pendukung dalam upaya meningkatkan literasi membaca. SDN 2 Ciliang berada di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu sekolah dasar di daerah pesisir yang kemampuan literasi membaca dan public speaking para siswa belum terasah dengan baik. Tim menemukan masih adanya siswa yang tidak bisa membaca, kesulitan dalam menyimak serta kesulitan berbicara di depan umum. Tim bersama komunitas @baca.pnd dan Lentera Mengajar bekerja sama untuk menumbuhkan kegemaran membaca dan kemampuan public speaking sejak dini di sekolah tersebut. Peserta dari kegiatan ini adalah 20 orang siswa kelas satu hingga tiga SDN 2 Ciliang. Kegiatan ini menggunakan metode pelatihan melalui praktek membaca bersama, bercerita, menyimak cerita dan tanya jawab. Selain itu dilakukan pula pemberian sumbangan buku bacaan bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan. Hasil kegiatan ini menunjukkan antusiasme peserta yang cukup tinggi. Kepercayaan diri para peserta dalam berbicara serta kemampuan memahami bacaan menunjukkan perubahan yang positif.

References

Aprianti, E. (2017). Penerapan pembelajaran bcm (bermain, cerita, menyanyi) dalam konteks perkembangan sosial emosional anak usia dini di KoberBaiturrohim Kabupaten Bandung Barat. Tunas Siliwangi, 3(2), 195-211.

Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., Rahmawati, F. (2021). Analisis antusiasme siswa dalam evaluasi belajar menggunakan platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1-17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17

Hafizhatu, N., & Yansyah. (2018). The effect of public speaking training on students’ speaking anxiety and skill. Proceedings of the 65th TEFLIN International Conference, 65(1), 227–232. https://ojs.unm.ac.id/teflin65/article/download/6276/3615

Jalal, N. M., Gaffar, S. B., Syam, R., Syarif, K. A., & Idris, M. (2021). Pemberian pelatihan public speaking untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan presentasi di depan umum. Abdimas Indonesia, 1(2), 26–32. https://dmi-journals.org/jai/article/view/226

JR, R. R., Luthfi, A., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak pada anak usia dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 39–51. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5

Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 80–95.

Kuntoro, T., Sentausa, Y. R., Rosmawati, R., Rizqiyani, Y., Hamidah, A., Ariyani, D. S., & Hadi, M. S. (2016). Studi literatur: Public speaking membangun kepercayaan diri peserta didik. Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 01(4), 1–23.

Ma’arif, S. (2022). Hasil survei tunjukkan durasi minat baca warga Pangandaran rendah. Times Indonesia.

Masrina, D., Thirafi, L., & Permana, R. (2023). Upaya peningkatan minat baca pelajar Pangandaran dengan pembiasaan membaca bersama secara virtual. ACITYA BHAKTI, 2(2), 173. https://doi.org/10.32493/acb.v2i2.20414

Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Rachmawati, T. S., Winoto, Y., & Rohman, A. S. (2018). Studi tentang pemetaan budaya literasi informasi pada masyarakat Pesisir Selatan Jawa Barat. Record and Library Journal, 4(1), 1–6. http://www.nber.org/papers/w16019

Syafrina, R. (2020). Meningkatkan minat baca anak usia dini dengan mendongeng. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 1(2), 83–85. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i2.18

Utomo, S. B. (2016). Mendongeng dalam perspektif pendidikan. AGASTYA, 3(1), 1–23.

Downloads

Published

2024-03-07