Penguatan Lingkungan Membaca melalui Majalah Dinding di MA Daarul Hikmah Pamulang

Authors

  • Amirudin Amirudin Universitas Pamulang
  • Tutik Ratna Ningtyas Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v4i1.36122

Keywords:

apresiasi film, gerakan literasi sekolah (GLS), majalah dinding

Abstract

Salah satu cara untuk menjaga kondusivitas lingkungan akademis adalah dengan menyediakan akses yang cukup terhadap bahan bacaan untuk siswa. Bukan hanya buku yang menjadi sumber utama bacaan, majalah dinding sekolah pun dapat dimanfaatkan untuk hal tersebut. Masalah yang muncul di pengelolaan majalah dinding adalah konsistensi penerbitannya. Hal inilah yang terjadi di MA Daarul Hikmah Pamulang. Dari pihak pengelola mengungkapkan bahwa mereka kesulitan untuk menemukan ide terkait materi yang ada di majalah dinding. Tim PKM Prodi Sastra Inggris Universitas Pamulang melihat hal tersebut sebagai persoalan yang harus diselesaikan. Oleh karena itu, tim PKM melakukan kegiatan pengabdian dengan tema menghidupkan semangat literasi sekolah melalui majalah dinding. Melalui media film yang berjudul The Book Thief, tim PKM memberikan pemahaman dan wawasan terkait ide untuk materi di majalah dinding. Di dalam film terdapat banyak kutipan yang bisa dijadikan ide untuk majalah dinding. Dengan mengutip kalimat atau frasa di dalam film, siswa-siswa mendapat pengetahuan untuk keberlangsungan majalah dinding di sekolah. Hasilnya, konten majalah dinding di MA Daarul Hikmah Pamulang terisi kembali.

Author Biographies

Amirudin Amirudin, Universitas Pamulang

English Literature

Tutik Ratna Ningtyas, Universitas Pamulang

English Literature

References

Aufa, M., Shalikhah, N. D., & Algifahmy, A. F. (2018). PKU bagi MI Muhammadiyah Meduro melalui majalah dinding mengasah kreativitas menulis dan gemar membaca siswa. Warta LPM, 21(2), 130-135. https://journals.ums.ac.id/index.php/warta/article/view/6015/4688

Baroroh, A. Z., Yuliani, E., Arum, F., & Fuaida, E. W. (2021). Pengaruh mading kelas terhadap peningkatan budaya literasi pada siswa di MI/SD. Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI 2021, 6, 763-774. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/view/407

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dipetik 11 30, 2023, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Masruchin, Suroiyah, L., & Ryo, A. (2022). Pemberdayaan mading sebagai wadah keativitas anak-anak usia dini di TK ABA V Kedung Peluk Candi. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 91-96. http://dx.doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i2.2915

Rohma, J. (2018). Pembentukan kepercayaan diri anak melalui pujian. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 2(1), 117-134. https://dx.doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.117-134

Satria, D., & Afnita. (2018). Peningkatan keterampilan menulis dan mengelola majalah dinding SDN 04 dan SDN 10 Lawang Mandahiling Kabupaten Tanah Datar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 2, 217-225. https://conference.unsri.ac.id/index.php/SNBI/article/view/1303

Wiedarti, P., Kisyani-Laksono, Retnaningdyah, P., Dewayani, S., Muldian, W., Sufyadi, S., Antoro, B. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/39/1/Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah.pdf

Downloads

Published

2024-03-07