Efisiensi Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa di SD Bali Public School Denpasar

Authors

  • Khazin Khazin Pascasarjana Universitas PGRI MAHADEWA Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v4i1.37032

Keywords:

efisiensi, literasi, keterampilan menulis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan struktur, penggunaan, dan hasil dari program literasi yang dilaksanakan di SD Bali Public School. Data hasil penelitian diperoleh dari wawancara dengan kepala sekolah, dokumentasi kegiatan siswa, dan studi kepustakaan yang berkaitan dengan literasi. Berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi kegiatan siswa, dan studi pustaka diperoleh bahwa bentuk program literasi sekolah yang digunakan berupa literasi digital dan literasi manual, penerapannya adalah membiasakan membaca sebelum pembelajaran dimulai, menuliskan kegiatan positif di rumah, menuliskan serangkaian karya fiksi seperti puisi, cerpen. Dampak yang ditimbulkan dari penerapan literasi di sekolah adalah adanya kebiasaan baru siswa dalam membaca dan menulis yang dibuktikan dengan prestasi  menghasilkan buku antologi puisi dan memperoleh penghargaan rekor MURI  sebagai kontributor buku fiksi dan nonfiksi terbanyak pada tahun 2022.

References

Fazri, Y., Harun, C. Z., & Usman, N. (2021). Principal management in implementation of the school literacy movement program. Proceedings of the 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society, 576, 414-418. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210909.091

Gilster, P. (1997). Digital literacy. Wiley.

Ginting, D., Fahmi, F., Fitri, D. I., Mulyani, Y. S., Ismiyani, N., & Sabudu, D. (2021). Literasi digital dalam dunia pendidikan di abad ke-21. Media Nusa Creative.

Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh literasi terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda, 2(1), 56-63. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/411/410

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2013 tentang perubahan atas peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 15 tahun 2010 tentang standar pelayanan minimal pendidikan dasar di kabupaten/kota. https://peraturan.bpk.go.id/Details/141546/permendikbud-no-23-tahun-2013

Marthar, T. (2014). Authors collaboration in digital literacy from 1997 to 2013: A bibliometric study. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 2(2), 149-160. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/131

OECD. (2014). PISA 2012 results in focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf

Proanto, T. A. (2023). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas iv sekolah dasar. ELSCHO: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 29-37. https://journal.uir.ac.id/index.php/elscho/article/view/11620/4963

Purwanto, A., Rugaiyah, R., & Madhakomala, M. (2023), Studi literatur: Efektivitas gerakan literasi dalam meningkatkan sumber daya peserta didik di sekolah dasar, SOSMANIORA (Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora). 2(1), 122-129. https://journal.literasisains.id/index.php/sosmaniora/article/download/1768/935

Situmorang, R. (2022). Menumbuhkan gerakan literasi di sekolah. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/734/menumbuhkan-gerakan-literasi-di-sekolah

Sumual, S. D. M., Tuerah, P. R., Londa, Y. B., Terok, M., & Manimbage, M. (2023). Kegiatan literasi dasar dan minat baca siswa SD kelas rendah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan , 9(8), 806-812. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/4286/3198

Trimansyah, B. (2019). Model pembelajaran literasi untuk pembaca awal. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/resource/doc/files/Model_Pembelajaran_Literasi_untuk_Pembaca_Awal.pdf

Downloads

Published

2024-03-07