Efisiensi Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa di SD Bali Public School Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v4i1.37032Keywords:
efisiensi, literasi, keterampilan menulisAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan struktur, penggunaan, dan hasil dari program literasi yang dilaksanakan di SD Bali Public School. Data hasil penelitian diperoleh dari wawancara dengan kepala sekolah, dokumentasi kegiatan siswa, dan studi kepustakaan yang berkaitan dengan literasi. Berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi kegiatan siswa, dan studi pustaka diperoleh bahwa bentuk program literasi sekolah yang digunakan berupa literasi digital dan literasi manual, penerapannya adalah membiasakan membaca sebelum pembelajaran dimulai, menuliskan kegiatan positif di rumah, menuliskan serangkaian karya fiksi seperti puisi, cerpen. Dampak yang ditimbulkan dari penerapan literasi di sekolah adalah adanya kebiasaan baru siswa dalam membaca dan menulis yang dibuktikan dengan prestasi menghasilkan buku antologi puisi dan memperoleh penghargaan rekor MURI sebagai kontributor buku fiksi dan nonfiksi terbanyak pada tahun 2022.
References
Fazri, Y., Harun, C. Z., & Usman, N. (2021). Principal management in implementation of the school literacy movement program. Proceedings of the 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society, 576, 414-418. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210909.091
Gilster, P. (1997). Digital literacy. Wiley.
Ginting, D., Fahmi, F., Fitri, D. I., Mulyani, Y. S., Ismiyani, N., & Sabudu, D. (2021). Literasi digital dalam dunia pendidikan di abad ke-21. Media Nusa Creative.
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh literasi terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda, 2(1), 56-63. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/411/410
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2013 tentang perubahan atas peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 15 tahun 2010 tentang standar pelayanan minimal pendidikan dasar di kabupaten/kota. https://peraturan.bpk.go.id/Details/141546/permendikbud-no-23-tahun-2013
Marthar, T. (2014). Authors collaboration in digital literacy from 1997 to 2013: A bibliometric study. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 2(2), 149-160. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/131
OECD. (2014). PISA 2012 results in focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf
Proanto, T. A. (2023). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas iv sekolah dasar. ELSCHO: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 29-37. https://journal.uir.ac.id/index.php/elscho/article/view/11620/4963
Purwanto, A., Rugaiyah, R., & Madhakomala, M. (2023), Studi literatur: Efektivitas gerakan literasi dalam meningkatkan sumber daya peserta didik di sekolah dasar, SOSMANIORA (Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora). 2(1), 122-129. https://journal.literasisains.id/index.php/sosmaniora/article/download/1768/935
Situmorang, R. (2022). Menumbuhkan gerakan literasi di sekolah. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/734/menumbuhkan-gerakan-literasi-di-sekolah
Sumual, S. D. M., Tuerah, P. R., Londa, Y. B., Terok, M., & Manimbage, M. (2023). Kegiatan literasi dasar dan minat baca siswa SD kelas rendah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan , 9(8), 806-812. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/4286/3198
Trimansyah, B. (2019). Model pembelajaran literasi untuk pembaca awal. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/resource/doc/files/Model_Pembelajaran_Literasi_untuk_Pembaca_Awal.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khazin Khazin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.