Pelatihan TOEFL Prediction Berfokus pada Reading Comprehension bagi Anggota Dialektika
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v4i1.38190Abstract
TOEFL, Test of English as a Foreign Language, merupakan tes standar yang banyak digunakan tidak hanya di dunia pendidikan tetapi juga di bidang lain seperti dunia kerja. Banyak instansi, baik negeri maupun swasta, yang mewajibkan pencari kerja memiliki sertifikat ini. Tes TOEFL terdiri dari tiga bagian yang menguji peserta, yaitu pemahaman mendengarkan, struktur, dan menulis, serta pemahaman membaca. Kegiatan PkM bertajuk “Pelatihan Prediksi TOEFL Fokus Pemahaman Membaca bagi Anggota Dialektika Institute” ini dilaksanakan berdasarkan hasil analisis permasalahan yang dihadapi mitra terkait tes TOEFL. Berdasarkan hasil analisis situasi, terdapat dua permasalahan utama yang dihadapi mitra. Permasalahan mitra yang pertama berkaitan dengan aspek pengetahuan dimana masih banyak mitra yang belum memahami kompetensi yang diujikan pada sesi Reading Comprehension. Selain itu, mitra juga mengalami kendala terkait keterampilan. Mitra belum mengetahui cara mengidentifikasi jenis pertanyaan dan teknik menjawabnya. Oleh karena itu, dalam pelatihan ini mitra akan diajarkan cara mengidentifikasi pertanyaan dan teknik menjawabnya. Pelatihan ini akan dibagi menjadi empat kegiatan. Kegiatan pertama adalah pre-test untuk mengukur kemampuan mitra sebelum dilatih. Kegiatan kedua adalah penyampaian materi sebagai cara mengatasi permasalahan pasangan. Kegiatan ketiga adalah latihan, dimana mitra akan diminta mengerjakan soal-soal latihan. Kegiatan terakhir adalah post test untuk mengukur kinerja mitra setelah mendapat pelatihan.
References
Baker, M.H., & Abu, N.S.S. (2018). An Intelligent Tutoring System for Learning TOEFL. IJAPR, 2(12), 9-15.
Fitria, N.T., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan Test TOEFL untuk Siswa SMK/SMA, Mahasiswa, Dosen, dan Umum. Jurnal Budimas, 2(2), 173-180.
Girsang, A.L., Marbun, F.V.G., Turnip, Y.A.M., & Saragih, E. (2019). An Analysis of Reading Comprehension Difficulties in TOEFL Test by High School Students. LEEA Journal, 3(1), 132-137.
Hasriani, G., Rahmad, R., & Mardiyanah, N. (2019). Pelatihan TOEFL bagi lembaga MAMMESA. Prosiding Seminar Nasional UNM, 4, 238-240
Irawan, B., Hani, U., & Gintings, M. F. M. (2023). Pelatihan TOEFL prediction berfokus pada structure dan written expression bagi anggota Dialektika. Jurnal Nauli, 2(2), 48-55.
Philips, D. (2001). Longman complete course for the TOEFL test. Addison-Wesley Longman, Inc.
Sesriyani, L. (2019). Kesulitan yang dihadapi mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam menyelesaikan Reading section pada TOEFL. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 4(2), 8-14.
Shafira, T. (2019). Penjelasan, struktur tes, dan masa berlaku TOEFL ITP. Diakses pada 12 Februari 2023 melalui https://www.yec.co.id/toefl/penjelasan-struktur-tes-dan-contoh-soal-toefl-itp/
Siregar, R. K., Sibuea, E. R., Meidipa, L. F., Harahap, R., & Siregar, S. U. K. M. (2022). Sosialisasi penggunaan kosa kata bahasa Inggris menggunakan media produk makanan Simatohir. Jurnal Nauli, 1(3), 1-10.
Slamet, J & Sulistyaningsih. (2021). Students’ Difficulties in Answering Structure and Written Expression TOEFL-like as STKIP PGRI Sidoarjo. E-Structural, 4(1), 17-27.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohammad Fajar Mediyawan Gintings, Bambang Irawan, Umi Hani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.