Strategi Visual dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Body Parts pada Siswa SD
Keywords:
Kosakata, Body Parts, Media VisualAbstract
Metode pembelajaran yang monoton dan kurang variatif dapat menurunkan minat belajar siswa, terutama dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Artikel ini menyajikan penerapan metode pembelajaran kosakata Bahasa Inggris, khususnya pada tema body parts, dengan menggunakan media visual. Metode ini diyakini mampu mempercepat pemahaman dan meningkatkan minat belajar siswa. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Cireundeu 02, Kecamatan Cireundeu, Kota Tangerang, dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Sebelum kegiatan dilakukan, ditemukan bahwa minat belajar siswa di SDN Cireundeu 02 dalam mempelajari kosakata Bahasa Inggris lebih rendah dibandingkan siswa pada umumnya. Oleh karena itu, metode visual diterapkan untuk membantu meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap kosakata. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menggunakan kosakata setelah pembelajaran dengan metode ini.
Dengan hasil tersebut, diharapkan metode pembelajaran berbasis visual ini dapat menjadi inspirasi dan diterapkan secara luas untuk mendukung pemahaman dan kelancaran pembelajaran kosakata Bahasa Inggris siswa.
References
Arianto. (2003). A study on the use of media in teaching vocabulary to young learners.
Arif, R. A., Purwanto, K. K., & Maknunah, J. (2022). Bimbingan belajar mahir berbahasa Inggris untuk anak-anak usia sekolah dasar melalui vocabulary building dan speaking. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1296-1305.
Azizah, S. N., Setiadi, M. R., Agusman, D. D., & Raprap, F. E. (2023). Improving the English skills of elementary school students in tourism areas. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 21-26.
Fransisca, V. (2023). Improved speaking skills in English language learning in elementary schools. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(12), 1310-1317.
Gardner, H. (1983). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. Basic Books.
Gustina, S., Sutarsyah, C., & Sudirman, S. (2015). An analysis of the elementary school students' problem in learning English pronunciation. Journal of English Teaching, 4(1), 32-45.
Hasibuan, A. Y. (2022). The effectiveness of the drill method in increasing elementary school students' shooting accuracy ability.
Jatmika, H. M., & Universitas Negeri Yogyakarta. (n.d.). Pemanfaatan media visual dalam menunjang pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, 3(1), 89–99.
Kanoksilapatham, B. (2014). Thai elementary school teachers' English pronunciation and effects of teacher variables: Professional development. TESL-EJ, 18(1), n1.
Kasim, N. A. (2011). Increasing the students’ vocabulary mastery by using word wall media. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 10(3), 45–58.
Kuraesin, I., Rahman, R., Sujana, A., Sopandi, W., & Suhendra, I. (2020, March). Students’ speaking skill based on video in elementary school. International Conference on Elementary Education, 2(1), 1771-1778.
Kurniawati, W., & Karsana, D. (2020). Aspek penguasaan kosakata bahasa Indonesia oleh siswa sekolah dasar di Kota Medan. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 286-399.
Meiningsih, F. A., & Madya, S. (2021). The use of guessing games in improving the speaking skills of elementary school students. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 8(2), 327-339.
Morrow, C. (2011). How important is English in elementary school. In Second Annual Symposium of the Gulf Comparative Education Society (pp. 54-61).
No, G. (2003). Intelligibility and English pronunciation in elementary schools. English Teaching-Anseonggun-, 58, 201-218.
Qutratuain, N. H., & Ariyanto, M. S. (2023, June). The effectiveness of the drill method to improve counting skills in slow learners at the primary school level. Proceeding of International Conference on Psychology, Health and Humanity, 1, 16-22.
Rusyani, E., Ratnengsih, E., Putra, A. S., Maryanti, R., Al Husaeni, D. F., & Ragadhita, R. (2022). The drilling method application using abacus to arithmetic operations skills in students with hearing impairment at special school. Indonesian Journal of Community and Special Needs Education, 2(1), 1-10.
Sariyati, I. (2017). Efektivitas penggunaan metode Total Physical Response dalam meningkatkan penguasaan vocabulary bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(1), 38-49.
Ummulkhair, H. N., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2021). Pengaruh penggunaan media game vocabulary quiz terhadap kosakata bahasa Inggris di sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 155-162.
Widodo, H. P. (n.d.). Teaching children using a Total Physical Response (TPR) method: Rethinking. Journal of Language Teaching, 235(1), 235–248.
Yulia, Y. (2010). Difficulties of elementary school students in productive skills. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 6(1), 57-69.
Yusuf, F., Usman, H., & Irfan, M. (2023). The use of drill method to improve elementary school students’ learning outcomes in vocabulary. Journal of English Language Teaching, Linguistics and Literature, 3(1), 13-21.
Zaman, S. N., & Hakim, P. R. (2022). Teacher's efforts in practicing beginning writing skills for elementary level students using the drill method. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 3(2), 92-101.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 NURDIN NURDIN, Ismi Adinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.