Pembelajaran Kebiasaan Sehari-hari dalam Bahasa Inggris Melalui Aplikasi English for Kids
Keywords:
Aplikasi English for kids, kebiasaan sehari-hari, keterampilan berbicara bahasa Inggris, media pembelajaran berbasis teknologiAbstract
Pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan media teknologi menjadi sebuah kemudahan bagi pengguna dalam meningkatkan ketrampilan berbicara dengan baik. Aplikasi English for Kids merupakan salah satu aplikasi non-berbayar yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris khususnya dalam mengenalkan ekspresi percakapan kebiasaan sehari-hari dan meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa pada kelas VI SDN 02 Cirendeu Ciputat. Tujuan dari PKM ini adalah meningkatkan komunikasi berbahasa Inggris melalui aplikasi “English for Kids” serta menambah pengetahuan ekspresi kebiasaan baik sehari-hari dalam bahasa Inggris Pelaksanaan PKM ini melibatkan 35 orang siswa dengan menggunakan metode observasi menggunakan role-play dimana siswa SDN 02 Cirendeu melakukan dialog sebagai evaluasi dalam penggunaan aplikasi English for Kids.. Hasil pelaksanaan PKM menunjukan pada tahap pertama 57,14% atau 20 siswa memperoleh nilai bagus. Pada tahap ke 2 terjadi peningkatan menjadi 71,43% atau 25 siswa mendapatkan nilai bagus. Peningkatan nilai terjadi di tahap ke 3 dimana 91.43% atau 32 siswa mendapatkan nilai bagus. Berdasarkan hasil tersebut di simpulkan bahwa penggunaan aplikasi English for Kids dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa serta dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris dikelas.
References
Barrot, J. S. (2018). Facebook as a learning environment for language teaching
and learning: A critical analysis of the literature from 2010 to 2017. Journal of Computer Assisted Learning, 34(6). https://doi.org/10.1111/jcal.12295
Brown.(2000). Teaching by Principles, An Interactive Approach to Language
Pedagogy.California: Longman
Harmer, Jeremy. (2007). The Practice of English Language Teaching Fourth
Edition. UK: Longman Pearson Education.
Purba, N. A., & Saragih, M. (2022). Peningkatan hasil belajar bahasa inggris
melalui aplikasi duolingo dalam pembelajaran online di tengah covid
-19 pada siswa smp katolik delimurni delitua. Jurnal Ilmiah Aquinas,
32-38
Silmi, M. R. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap duolingo sebagai media untuk
belajar bahasa inggris. Telaga Bahasa, 7(2), 231–240
Suherdi, D. (2021). Peran Literasi Digital di Masa Pandemi. Deli Serdang:
Cattleya Darmaya Fortuna.
Suryana, I., Hidantikarnillah, V., & Ikmi Nur Oktavianti. (2020). Enhancing
Students’ English Speaking Skills through Web-Based Teaching. Eduvelop, 3(2), 90–104. https://doi.org/10.31605/eduvelop.v3i2.601
Ulwiyah, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi English for Kids untuk Memperkaya
Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini.JECIE (Journal of Early Childhood Inclusive Education, 5 (2), 82-90
Widyastuti, M., & Kusumadewi, H. (2018). Penggunaan aplikasi duolingo
dalam meningkatkan kamampuan kosakata bahasa inggris pada tenaga pengajar bimbingan belajar omega sains institut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 237–244
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anita sari, Siti Latifatul Rosidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.