Pembelajaran Kebiasaan Sehari-hari dalam Bahasa Inggris Melalui Aplikasi English for Kids

Authors

  • Anita sari Universitas Pamulang
  • Siti Latifatul Rosidah Universitas Pamulang

Keywords:

Aplikasi English for kids, kebiasaan sehari-hari, keterampilan berbicara bahasa Inggris, media pembelajaran berbasis teknologi

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan media teknologi menjadi sebuah kemudahan bagi pengguna dalam meningkatkan ketrampilan berbicara dengan baik. Aplikasi English for Kids merupakan salah satu aplikasi non-berbayar yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris khususnya dalam mengenalkan ekspresi percakapan kebiasaan sehari-hari dan meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa pada kelas VI SDN 02 Cirendeu Ciputat. Tujuan dari PKM ini adalah meningkatkan komunikasi berbahasa Inggris melalui aplikasi “English for Kids” serta menambah pengetahuan ekspresi kebiasaan baik sehari-hari dalam bahasa Inggris Pelaksanaan PKM ini melibatkan 35 orang siswa dengan menggunakan metode observasi menggunakan role-play dimana siswa SDN 02 Cirendeu melakukan dialog sebagai evaluasi dalam penggunaan aplikasi English for Kids.. Hasil pelaksanaan PKM menunjukan pada tahap pertama 57,14% atau 20 siswa memperoleh nilai bagus. Pada tahap ke 2 terjadi peningkatan menjadi 71,43% atau 25 siswa mendapatkan nilai bagus. Peningkatan nilai terjadi di tahap ke 3 dimana 91.43% atau 32 siswa mendapatkan nilai bagus. Berdasarkan hasil tersebut di simpulkan bahwa penggunaan aplikasi English for Kids dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa serta dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris dikelas.

References

Barrot, J. S. (2018). Facebook as a learning environment for language teaching

and learning: A critical analysis of the literature from 2010 to 2017. Journal of Computer Assisted Learning, 34(6). https://doi.org/10.1111/jcal.12295

Brown.(2000). Teaching by Principles, An Interactive Approach to Language

Pedagogy.California: Longman

Harmer, Jeremy. (2007). The Practice of English Language Teaching Fourth

Edition. UK: Longman Pearson Education.

Purba, N. A., & Saragih, M. (2022). Peningkatan hasil belajar bahasa inggris

melalui aplikasi duolingo dalam pembelajaran online di tengah covid

-19 pada siswa smp katolik delimurni delitua. Jurnal Ilmiah Aquinas,

32-38

Silmi, M. R. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap duolingo sebagai media untuk

belajar bahasa inggris. Telaga Bahasa, 7(2), 231–240

Suherdi, D. (2021). Peran Literasi Digital di Masa Pandemi. Deli Serdang:

Cattleya Darmaya Fortuna.

Suryana, I., Hidantikarnillah, V., & Ikmi Nur Oktavianti. (2020). Enhancing

Students’ English Speaking Skills through Web-Based Teaching. Eduvelop, 3(2), 90–104. https://doi.org/10.31605/eduvelop.v3i2.601

Ulwiyah, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi English for Kids untuk Memperkaya

Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini.JECIE (Journal of Early Childhood Inclusive Education, 5 (2), 82-90

Widyastuti, M., & Kusumadewi, H. (2018). Penggunaan aplikasi duolingo

dalam meningkatkan kamampuan kosakata bahasa inggris pada tenaga pengajar bimbingan belajar omega sains institut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 237–244

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

sari, A., & Siti Latifatul Rosidah. (2025). Pembelajaran Kebiasaan Sehari-hari dalam Bahasa Inggris Melalui Aplikasi English for Kids . ACITYA BHAKTI, 5(1), 10–18. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ACB/article/view/47010