Optimalisasi Pembelajaran Public Speaking Berbasis Grammar melalui Storytelling

Authors

  • Lida Holida Mahmud Universitas Pamulang
  • I. Aeni Muharommah Universitas Pamulang

Keywords:

public speaking, bercerita, tata bahasa, Contextual Teaching and Learning

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyaraka diselenggarakan  di SMA Al-Ghojali dengan tema Public Speaking berbasis Grammar melalui StoryTelling yang berfokus pada kalimat langsung dan tidak langsung (Direct and Indirect Speech). Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum siswa, khususnya dalam bercerita berbasis grammar melalui dakwah sirroh nabawiyah yang mengguanakan kalimat langsung dan tidak langsung dikarenakan metode pembelajaran bahasa tanpa mempertimbangkang grammar akan berpotensi merubah makna.. Implementasinya meliputi pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman siswa dan penerapan kalimat langsung dan tidak langsung dalam bercerita. Metode CTL diterapkan dengan menghubungkan konsep tata bahasa dengan komunikasi kehidupan nyata, memungkinkan siswa untuk memahami fungsi ucapan yang dilaporkan secara interaktif dan bermakna. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menyusun dan menyajikan cerita sirroh nabawiyah dengan struktur tata bahasa yang tepat. Skor post-tes menunjukkan peningkatan pemahaman dan penerapan pidato dakwah berbasis grammar dalam kalimat langsung dan tidak langsung, serta peningkatan kepercayaan diri dalam berbicara di depan umum. Siswa juga melaporkan bahwa pendekatan kontekstual membuat pembelajaran tata bahasa lebih menarik dan dapat diterapkan dalam komunikasi sehari-hari.

References

Ellis, R., & Shintani, N. (2019). Exploring language pedagogy through second language acquisition research. Routledge.

Brown, H. D. (2015). Teaching by principles: An interactive approach to language pedagogy (4th ed.). Pearson Education.

Harmer, J. (2014). The practice of English language teaching (5th ed.). Pearson Education.Johnson, K. (2017). An introduction to foreign language learning and teaching (3rd ed.). Routledge.

Rahmawati, D., & Lestari, P. (2019). The impact of grammar competence on students’ speaking ability in an EFL context. Journal of Language Teaching and Research, 10(2), 345-359.

Richards, J. C. (2018). Teaching listening and speaking: From theory to practice. Cambridge University Press.

Richards, J. C., & Schmidt, R. (2013). Longman dictionary of language teaching and applied linguistics (5th ed.). Routledge.

Surata, I. K. (2019). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis LKS untuk Meningkatkan Aktivitas Biologi. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 114-120.

Vasiljevic, Z. (2020). The role of storytelling in language acquisition: A cognitive perspective. Journal of Language and Linguistic Studies, 16(1), 45-60.

Thornbury, S. (2017). How to teach speaking. Pearson Education.

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Lida Holida Mahmud, & I. Aeni Muharommah. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Public Speaking Berbasis Grammar melalui Storytelling . ACITYA BHAKTI, 5(1), 19–29. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ACB/article/view/47433