Optimalisasi Pemahaman Siswa SMK Sasmita Jaya 2 terhadap Jargon Bahasa Inggris Teknik Komputer dan Jaringan dengan Wordwall Activities

Authors

  • Shinta Aziez Universitas Pamulang
  • Eka Margianti Sagimin Universitas Pamulang

Keywords:

jargon teknis, pembelajaran berbasis permainan, wordwall, pengabdian

Abstract

Program ini menitikberatkan pada peningkatan pemahaman istilah teknis bahasa Inggris di bidang TKJ di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang menggunakan strategi interaktif Wordwall. Observasi menunjukkan bahwa siswa sering menggunakan istilah teknis tanpa pemahaman mendalam. Program ini melibatkan 25 siswa pada 17 Oktober 2024, dengan tiga aktivitas utama: Find the Word, Match and Stick, dan Guessing Word. Pelaksanaan mencakup persiapan materi, praktik, dan evaluasi. Tantangan seperti keberagaman peserta dan tingkat partisipasi diatasi melalui integrasi istilah lintas jurusan dan pemberian kesempatan yang merata. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan berbasis permainan ini efektif meningkatkan keterlibatan dan pembelajaran siswa. Kontribusi utama program adalah pengembangan model pembelajaran yang dapat diterapkan di sekolah lain. Program ini berimplikasi pada pengembangan kurikulum dan materi pembelajaran yang lebih sesuai kebutuhan siswa. Diperlukan penelitian lanjutan untuk mengkaji efek jangka panjang dan pengembangan materi yang lebih komprehensif.

 

References

Arsyad, M. (2024). Harnessing Wordwall for enhanced vocabulary acquisition and

engagement in non-formal elementary education. Journal of Languages and

Language Teaching. https://doi.org/10.33394/jollt.v12i4.12020

Chance, S., Fayyaz, F., Campbell, A. L., Pitterson, N. P., & Nawaz, S. (2024). Guest

editorial special issue on conceptual learning of mathematics-intensive concepts

in engineering. IEEE Transactions on Education, 67(4), 491–498.

https://doi.org/10.1109/TE.2024.3416649

Englander, I. (2014). The architecture of computer hardware, systems software, &

networking: An information technology approach.

Fatah, M., Suud, F. M., & Chaer, M. T. (2021). Jenis-jenis kesulitan belajar dan faktor

penyebabnya: Sebuah kajian komprehensif pada siswa SMK Muhammadiyah

Tegal. Psycho Idea, 19(1), 89. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i1.6026

Hasil pencarian – Cambridge Dictionary jargon. (n.d.). Cambridge Dictionary.

Retrieved from https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/jargon

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pedoman pelaksanaan upskilling

dan reskilling guru kejuruan pada sekolah menengah kejuruan berstandar industri tahun 2020. https://www.scribd.com/document/485428328/PedomanPelaksanaan-Upskilling-dan-Reskilling-Guru-Kejuruan-pada

Lassaad, S., & Yamani, H. (2024). Analysing the impact of gamification techniques

on enhancing learner engagement, motivation, and knowledge retention: A structural equation modelling approach. Electronic Journal of e-Learning. https://doi.org/10.34190/ejel.22.9.3563

Nasution, S. (2016). Pentingnya pendidikan bahasa Inggris pada anak usia dini. Jurnal

Warta Edisi: 50. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.198

Sari, W. F., Sari, Y. P., Hazari, S. A., & Keguruan, F. (2020). Pemanfaatan Wordwall

sebagai media pembelajaran interaktif di SD Negeri 27 Palembang.

Universitas Sains & Teknologi. (n.d.). Pamulang, Tangerang Selatan. Ensiklopedia

Dunia. Retrieved from: https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Pamulang,_Tangerang_Selatan#:~:text=Pamulang%20dahulunya%20merupakan%20bagian%20dari,No.%203%20tahun%201992.

Weirup, A. P., & Taylor, P. G. (2024). What do you mean? Developing jargon literacy

for the workplace. Management Teaching Review. https://doi.org/10.1177/23792981241266465

Yani, D. P., & Muryanti, E. (2023). Efektivitas game interaktif dalam mengenalkan

kosakata bahasa Inggris untuk anak usia dini di taman kanak-kanak Latihan SPG

Aisyiyah Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16274–16281. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8946

Yuliandari, R. N., & Anggraini, D. M. (2021). Teaching for understanding

mathematics in primary school. https://doi.org/10.2991/ASSEHR.K.210421.00

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Aziez, S., & Eka Margianti Sagimin. (2025). Optimalisasi Pemahaman Siswa SMK Sasmita Jaya 2 terhadap Jargon Bahasa Inggris Teknik Komputer dan Jaringan dengan Wordwall Activities. ACITYA BHAKTI, 5(1), 30–38. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ACB/article/view/47506