Penggunaan Lagu dan Dongeng Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Kesadaran tentang Polusi Udara bagi Peserta TBM Kolong Jalan Layang Ciputat
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v1i1.9130Keywords:
English, dongeng, pengabdian kepada masyarakat, polusi udaraAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) bertujuan untuk mengimplementasikan salah satu dari Tri Dharma Penguruan Tinggi. Lebih jauh lagi, dengan melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, kehadiran institusi perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat terhadap perkembangan dan pengaplikasian ilmu pengetahuian. Oleh karena itu, salah satu tim Pengabdian kepada Masyarakat dari program studi Sastra Inggris Universitas Pamulang bermaksud untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat kepada anak-anak di Taman Bacaan Masyarakat Kolong Jembatan Ciputat, yaitu sebuah organisasi yang kegiatannya memberikan perhatian terhadap pendidikan dan pengembangan masyarakat di wilayah Ciputat Tangerang Selatan, Banten. Berdasarkan fakta bahwa betapa tingginya polusi udara di wilayah Ciputat, tim bermaksud untuk melakukan penyuluhan terkait polusi udara melalui lagu dan dongeng. Dari hasil obeservasi, diperoleh bahwa anak-anak memberikan reaksi yang positif terhadap penggunaan lagu dan dongeng untuk meningkatkan kesadaran mereka terkait polusi udara. Selain itu, mereka juga memperkaya kosa kata Bahasa Inggris mereka melalui cerita yang dibawakan oleh para tutor.
References
Adhi, M. K. (2014). Model pendidikan karakter berbasis mendongeng. Jurnal Santiaji Pendidikan, 4(1).
Arsyad, A. (1997). Media pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arty, I. S. (2005). Pendidikan lingkungan hidup tentang bahaya polutan udara. Cakrawala Pendidikan, 3.
Fitroh, S. F., & Sari, N. E. D. (2015). Dongeng sebagai media penananam karakter pada anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 76-149.
Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Latif, M. A. (2012). The miracle of storytelling. Jakarta: Zikrul.
Nasution, S. (1990). Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan storytelling dengan menggunakan cerita rakyat sasak pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. doi:10.31004/obsesi.v3i1.108
Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suprijono, A. (2012). Cooperative learning: Teori & aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar